Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Cara Mengirim Email Lebih Aman dari Aplikasi Gmail

aplikasi gmail baru

Gmail memiliki tampilan baru di aplikasinya. Kini tampilannya lebih bersih dengan dominasi warna putih. Namun, bukan hanya tampilan baru yang ada di aplikasi itu. Sekarang kamu bisa mengirim email dengan lebih aman.

Google menambahkan sebuah fitur yang bernama Mode Rahasia (Confidential Mode) di aplikasi Gmail. Mode ini merupakan jawaban atas banyaknya aplikasi email lain yang muncul dengan fitur enkripsi.

Mode Rahasia tidak aktif secara permanen. Fitur ini bisa kamu pilih atau aktifkan ketika kamu mau mengirim email.

Dengan mode ini, kamu bisa menetapkan jangka waktu email tersedia. Setelah jangka waktu habis, email itu akan secara otomatis terhapus. Jangka waktu itu bisa kamu pilih antara 1 hari sampai 5 tahun.

Mode Rahasia memiliki dua jenis pilihan. Pertama, Standar yang menghalangi orang lain mengirim ulang (forward) sebagai tambahan batas jangka waktu tadi. Kedua, SMS Passcode yang akan mengirim kode via SMS ke penerima untuk bisa membuka email bersangkutan.

Cara menggunakan Mode Rahasia di aplikasi Gmail
  1. Ketik email seperti biasa di aplikasi Gmail,
  2. Tekan tombol Menu di pojok kanan atas,
  3. Tekan Mode rahasia,
  4. Pilih batas waktu,
  5. Pilih jenisnya, apakah membutuhkan SMS passcode atau tidak,
  6. Tekan tombol Simpan.
  7. Kirim email.

cara memakai mode rahasia email gmail

Walau secara umum perilaku email ini lebih aman dari yang biasa, namun juga tidak 100% rahasia. Dalam arti, penerima email masih bisa membuat screenshot dari email bersangkutan. Namun, paling tidak, bisa membatasi siapa yang bisa melihat dan selama apa ia bisa melihatnya.

Kalau kamu pengguna aplikasi Gmail, silakan cek Mode Rahasia. Semoga cara mengirim email lebih aman ini bisa membuatmu sedikit lebih tenang. Lho, memangnya apa isi emailnya? 😄

More Stories
Rumor Mengenai 3 Varian iPhone XI Yang Rilis Tahun Ini