Cara Mengklaim Nama Akun Instagram yang Sudah Tidak Aktif

Mengklaim akun Instagram yang sudah tidak aktif bisa nggak sih? Bisa dong! Kamu coba saja langkah-langkahnya di artikel ini.

Ada fakta menarik soal Instagram. Jadi menurut studi di tahun 2015, Instagram bikin survei dengan melibatkan 1 miliar penggunanya. Hasilnya, ternyata 30% pengguna di Instagram sudah nggak aktif. Jadi kemungkinan beberapa akun yang pernah kita lihat di Instagram sudah nggak dipakai lagi.

Ada banyak alasan kenapa akun Instagram sampai nggak aktif. Misal si pengguna kehilangan akses ke akun mereka, mereka memang nggak mau lagi pakai Instagram, atau bahkan mereka ternyata sudah meninggal dunia.

Cara Mengklaim Nama Akun Instagram yang Tidak Aktif

Sebenarnya dalam banyak kasus, kamu nggak bisa mengklaim akun Instagram yang sudah tidak aktif. Salah satu masalahnya karena nggak semua akun yang kelihatannya tidak aktif, aslinya memang tidak aktif. Biasanya mereka masih berinteraksi dengan orang lain lewat DM, bukan lewat like atau komentar.

Tapi Instagram biasanya dapat memberikan kelonggaran buat individu dan bisnis publik terkenal, untuk mengklaim akun yang benar-benar tidak aktif.

Sumber : Pusat Bantuan Instagram

Gimana caranya? Pertama, kamu bisa coba mengajukan laporan yang mengutip ‘peniruan identitas’ atau ‘pelanggaran merek dagang.’ Kamu juga perlu menyertakan dokumentasi resmi dan ilegal (seperti KTP, paten pemerintah, dll) untuk membuktikan identitas aslimu.

Nanti saat kamu mengajukan laporan, akun peniru identitas nggak bakal dikasih tahu Instagram. Tapi perlu kamu tahu, Instagram cuma membalas laporan yang dikirim oleh orang yang ditiru identitasnya atau wali sah.

Pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunjungi Pusat Bantuan Instagram. Di sana, kamu bakal diminta untuk memilih apa yang paling menggambarkan situasimu. Nanti bakal ada empat opsi utama yang bisa kamu pilih:

  • Seseorang membuat akun untuk bisnis atau organisasi saya.
  • Seseorang membuat akun yang berpura-pura menjadi saya atau teman saya.
  • Seseorang membuat sebuah akun yang berpura-pura menjadi seseorang yang saya wakili (mis: anak saya).
  • Saya tidak bisa login ke akun lama saya.

Setelah kamu memilih salah satu opsi di atas, Instagram bakal menunjukkan langkah-langkah yang perlu kamu ikuti. Biasanya setiap opsi akan menampilkan langkah yang berbeda-beda.

Kalau kamu sudah memberikan dokumen pendukung yang diperlukan dan Instagram menyetujuinya, mereka akan mentransfer nama pengguna tersebut kepadamu.

Tapi kalau sudah mengikuti cara di atas, apakah Instagram ‘pasti’ akan menyetujui permintaanmu? Belum tentu sih. Semua kembali ke keputusan Instagram. Kalau menurutmu bukti pendukung sudah bagus, tapi menurut Instagram sebaliknya, permintaanmu mungkin bakal ditolak.

Kalau memang nggak disetujui, kamu bisa mencoba nama alternatif kok. Misalnya menambahkan angka, titik, garis bawah, atau menambahkan embel-embel ‘official’ di belakang nama akunmu.

%d blogger menyukai ini: