Cara Menjalankan Multiple Copy Aplikasi di Perangkat Mac

Berganti akun di perangkat Mac memang repot. Simak artikel ini untuk mengetahui cara menjalankan multiple copy aplikasi di Mac.

Apa kalian menyimpan lebih dari satu akun di aplikasi tertentu? Atau kalian memisahkan kehidupan pribadi dan profesional di perangkat Mac?

Sayangnya, macOS hingga kini tidak bisa menjalankan multiple copy dari aplikasi yang sama. Hal ini membuat pengguna perlu keluar dan masuk untuk berganti profil.

Namun jangan khawatir, sebab kalian bisa melakukan beberapa metode berikut ini. Kali ini saya akan berbagi cara menjalankan multiple copy aplikasi di perangkat Mac.

Sumber Gambar : Gizmo Times

Cara Menjalankan Multiple Copy Aplikasi di Mac

Ada beberapa kondisi yang mengharuskan kalian menjalankan lebih dari satu sesi aplikasi. Kalian bisa menggunakan akun kerja dan pribadi secara berdampingan di jendela yang berbeda.

Melakukan banyak tugas di antara dua profil tentu dapat meningkatkan produktivitas. Pekerjaan dan kehidupan pribadi kalian juga dapat berjalan seimbang.

Berikut ini cara menjalankan multiple copy aplikasi di perangkat Mac:

Gunakan Fitur Built-in Multi-User

Beberapa aplikasi kini telah menyediakan fitur multi-user. Tanpa tool eksternal, kalian bisa memiliki opsi untuk menambah beberapa akun dan mengaksesnya di jendela umum maupun terpisah.

Di Google Chrome, kalian bisa mengatur user baru. Untuk melakukannya, cukup klik gambar profil kalian yang ada di sudut kanan atas.

Selain Chrome, ada pula aplikasi Slack yang memungkinkan kalian pindah dari jendela kerja ke pribadi. Kalian cukup klik tombol tambah di menu sebelah kiri, untuk mengkonfigurasi akun berbeda.

Aplikasi yang tidak kalah bagus adalah Franz. Aplikasi tersebut memungkinkan pengguna untuk mengelola semua layanan pesan seperti Telegram, WhatsApp, hingga Gmail sekaligus.

Aktifkan Fast User Switching on Mac

macOs memiliki fitur praktis, bagi pengguna yang ingin beralih dari akun satu ke yang lain. Fitur tersebut dinamakan Fast User Switching.

Fitur ini mempercepat proses perpindahan akun. Walau metode ini tidak memungkinkan kalian membuat instance aplikasi tambahan, tapi penggunaannya tidak membutuhkan konfigurasi apapun.

Untuk menggunakan fitur Fast User Switching, simak cara berikut:

  • Buka Settings > Users & Groups di perangkat Mac.
  • Klik halaman ‘Users & Groups’ lagi.
  • Klik ‘Login Options.’
  • Aktifkan opsi ‘Show Fast User Switching Menu.’

Sekarang kalian bisa klik nama user di tab menu bagian atas. Setelah itu, kalian dapat memilih user lain untuk berganti akun secara instan.

Saat kalian meninggalkan jendela tersebut, semua aplikasi aktif dan akun akan tetap ada. Jadi kalian tidak perlu khawatir.

More Stories
scotch flex and seal
Pembungkus Scotch Flex & Seal Jadi Solusi Mudah Pengiriman Paket