Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Menyambungkan HP Android ke TV, Cepat dan Mudah!

Cara Menyambungkan HP Android ke TV

Saat ini cara menyambungkan HP Android ke TV dapat dilakukan dengan mudah. Kamu dapat menerapkan beberapa cara berikut ini agar dapat menghubungkan kedua perangkat dengan cepat.

Karena teknologi saat ini semakin canggih, membuat kamu dapat dengan mudahnya menggabungkan HP Android dengan TV untuk melakukan berbagai hal, contohnya seperti untuk bermain game mobile.

Jika kamu penasaran, simak artikel ini sampai habis, ya. Setelah itu kamu dapat mencobanya sesegera mungkin di perangkat yang ada di rumah masing-masing.


Solusi Cepat

Unduh aplikasi Google Home terlebih dahulu pada play store. Kemudian aktifkan WiFi pada smartphone kamu. Jangan lupa untuk memindahkan saluran pada TV menjadi HDMI dengan bantuan remote TV. Kemudian buka aplikasi Google Home, dan pilih akun Google kamu dan singkronkan dua perangkat tersebut.


Cara Menyambungkan HP Android ke TV

Menyambungkan HP Android ke TV dapat menggunakan berbagai metode, seperti kabel, hingga fitur khusus yang tersedia pada HP maupun TV yang kamu miliki.

1. Menggunakan Chromecast

Bagi kamu yang belum familiar dengan chromecast, chromecast merupakan suatu perangkat yang memiliki bentuk seperti USB flashdisk, atau adaptor yang dibuat oleh Google dan dapat kamu gunakan seperti WiFi dan hotspot.

Kemudian HP Android kamu akan berperan menjadi hotspot, sedangkan TV yang akan disambungkan akan memiliki peran menjadi WiFi. Sehingga nantinya HP Android dapat terhubung dengan TV tanpa perlu menggunakan kabel HDMI.

Contohnya seperti streaming berbagai film maupun series terbaru, musik, game hingga akses internet pada TV yang kamu gunakan. Cara menyambungkan HP Android ke TV dengan menggunakan Chromecast, adalah:

  • Unduh aplikasi Google Home pada smartphone Android kamu
  • Kemudian aktifkan WiFi di smartphone
  • Lalu pada TV yang akan disambungkan, kamu dapat memindahkan saluran TV menjadi HDMI dengan menggunakan remote TV yang kamu miliki
  • Lalu buka aplikasi Google Home dan pilih akun Google yang berada di bagian bawah aplikasi
  • Pastikan jika akun yang kamu pilih telah terverifikasi agar dapat terhubung dengan perangkat Chromecast
  • Pilih opsi “Local Devices” agar kamu dapat menemukan perangkat TV yang ingin disambungkan dengan HP Android
  • Pada bagian bawah, pilih “Device Settings” untuk melihat daftar TV yang telah tersambung dengan akun Google
  • Kemudian setelah itu lakukan sinkronisasi dengan cara masukkan kode yang muncul pada layar TV kamu.
Baca Juga:  Rumor: Snapdragon 8 Gen 2 Dukung Frekuensi Ultra-Tinggi

2. Menggunakan Bantuan Kabel USB

Cara selanjutnya dapat kamu gunakan untuk jenis kabel microSD USB to HDMI atau micro HDMI to HDMI. Jadi kamu harus pastikan terlebih dahulu jika kamu memiliki kabel HDMI yang kompatibel dengan smartphone dan TV yang akan disambungkan.

  • Jika TV yang akan disambungkan menyala, kamu dapat mematikannya terlebih dahulu
  • Lalu hubungkan HP Android yang akan kamu sambungkan ke TV dengan menggunakan kabel HDMI tersebut
  • Lalu nyalakan kembali TV
  • Kemudian pindahkan saluran TV menjadi saluran HDMI
  • Kamu dapat mengaktifkan menu “HDMI Connection” pada HP kamu dengan memberi tanda checklist di opsi tersebut jika muncul
  • Setelah itu HP Android kamu akan tersambung dengan TV

3. Menggunakan Miracast

Jika HP Android kamu telah memiliki fitur Wireless Display atau Miracast, maka kamu tidak perlu melakukan pembelian kabel USB hingga Chromecast seperti cara sebelumnya.

Kamu cukup menerapkan langkah-langkah berikut ini:

  • Pastikan terlebih dahulu bahwa HP Android kamu telah mendukung dan memiliki fitur Wireless Display atau Miracast
  • Kemudian aktifkan pengaturan Miracast / Screen Mirroring pada TV kamu
  • Lalu pada HP Android kamu, buka pengaturan atau settings
  • Pilih opsi “Connection & Sharing” lalu pilih “Cast” atau “Screencast
  • Kemudian aktifkan opsi tersebut, dan tunggu hingga TV yang akan disambungkan telah mendeteksi HP atau sebaliknya

4. Streaming dengan DLNA

Jika beberapa cara sebelumnya masih belum berhasil untuk menyambungkan HP Android dengan TV kamu, maka kamu dapat memeriksa apakah TV kamu mendukung protokol streaming yang biasa dikenal dengan DLNA?

Apabila TV kamu mendukung fitur ini, maka kamu dapat menggunakannya untuk memutar musik hingga video yang diakses dari HP Android dan ditampilkan pada layar TV kamu.

Baca Juga:  Infinix Hot 20 5G: Harga 2 Jutaan Dapat Layar 120Hz Ala Ponsel Gaming

Namun hal yang perlu kamu ketahui, jika menggunakan fitur ini maka kamu tidak dapat menggunakan Netflix. Karena Netflix tidak didukung pada penggunaan streaming dengan DLNA.

Tapi tenang saja, karena berbagai hal lainnya masih dapat kamu gunakan melalui HP Android yang tersambung ke TV, kok. Kamu dapat melakukan streaming dari Google Drive, Dropbox, hingga halaman web melalui DLNA ini.

What’s Next

Bagaimana pendapatmu setelah mengetahui cara menyambungkan HP Android ke TV? Sekarang kamu bisa melakukan berbagai kegiatan, seperti bermain game mobile, atau menonton film favorit dengan ukuran layar yang semakin lebar, dan tentu saja kamu akan semakin puas.

Jika kamu memiliki pertanyaan atau topik lain yang ingin kita diskusikan bersama, tulis di kolom komentar, ya. Agar kita dapat saling berdiskusi seputar hal yang kamu inginkan kedepannya.


Pertanyaan atau saran lebih lanjut bisa kirim email langsung ke [email protected] Jangan lupa, ikuti kami di Google News.