Cara Mudah Memeriksa Tagihan BPJS Kesehatan

Layanan BPJS Kesehatan kini sudah tidak asing di kalangan masyarakat. Memeriksa tagihan BPJS Kesehatan merupakan hal rutin. Tentunya supaya jangan sampai telah membayar.

BPJS Kesehatan adalah layanan resmi dari pemerintah sejak beberapa tahun lalu. Layanan ini secara khusus akan meng-cover biaya kesehatan masyarakat.

Untuk memeriksa tagihan BPJS Kesehatan, kalian harus ingat nomor BPJS. Nomor keanggotaan didapatkan saat pertama kali mendaftar BPJS Kesehatan.

Buat kalian yang masih bingung melakukan hal ini, tidak perlu khawatir. Berikut ini cara mudah memeriksa tagihan BPJS Kesehatan:

Sumber Gambar : Jatim NET

Saat menjadi anggota BPJS Kesehatan, kalian wajib membayar iuran setiap bulannya. Jumlah tersebut tergantung jenis layanan yang digunakan.

Ada 3 cara untuk memeriksa tagihan BPJS Kesehatan. Kalian dapat memeriksa tagihan via website, SMS, maupun dari aplikasi.

Melalui Website Resmi BPJS

Tips pertama ini sangat mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Berikut cara memeriksa tagihan via website:

  • Buka website resmi BPJS Kesehatan.
  • Di halaman utama, klik kiri menu β€˜Cek Iuran BPJS Kesehatan.’
  • Akan muncul halaman baru di layar.
  • Isi dua kolom yang terdiri dari β€˜Nomor Kartu’ dan β€˜Tanggal Lahir.’
  • Ketik β€˜Angka Validasi’ yang tertera di halaman tersebut.
  • Klik tombol β€˜Cek’ dan rincian pembayaran akan tampil.

Melalui SMS Gateway

Memeriksa tagihan BPJS Kesehatan tidak hanya secara online. BPJS memberi kemudahan anggota untuk memeriksanya melalui SMS Gateway.

Layanan SMS Gateway menjadi alternatif bagi anggota yang jarang menggunakan internet. Untuk mengakses layanan SMS Gateway BPJS Kesehatan, hubungi 08777 5500 400.

Berbagai informasi seputar layanan BPJS Kesehatan ada disana. Termasuk jumlah tagihan bulanan yang harus dibayar, sampai jumlah denda yang dikenakan.

Untuk mengakses informasi tagihan, kalian cukup gunakan salah satu data diri. Data diri itu seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu BPJS Kesehatan, atau Nomor Induk Pegawai.

Sebagai contoh, saya akan menggunakan Nomor Kartu BPJS Kesehatan. Cukup ketik Tagihan <spasi> Nomor Kartu BPJS Kesehatan.

Sebagai contoh, ketik Tagihan 0000987654321. Kirim SMS ke 08777 5500 400 dan tunggu SMS balasan berisi informasi tagihan BPJS Kesehatan.

Melalui Aplikasi Mobile JKN

Cara ketiga ini menggunakan aplikasi smartphone Mobile JKN. Aplikasi tersebut bisa kalian download di Play Store maupun App Store.

  • Unduh aplikasi Mobile JKN di smartphone.
  • Registrasi untuk membuat akun.
  • Masuk ke akun Mobile JKN kalian.
  • Pilih menu β€˜Tagihan > Premi.’
  • Selanjutnya akan muncul informasi tagihan BPJS Kesehatan.

Download

Download

More Stories
Tips Jitu Supaya Video Tampil di Halaman Pertama Youtube