Cara Mudah Menerjemahkan Nama Tempat di Google Maps

Kalian sering bingung mengucapkan nama tempat asing? Jika iya, terjemahkan saja pakai Google Maps. Berikut cara menerjemahkan nama tempat di Google Maps.

Melancong ke tempat asing adalah keinginan banyak orang. Sayangnya, kendala bahasa kadang membuat sebagian orang mengurungkan niat tersebut.

Selain kendala bahasa, pelancong kadang tidak paham nama-nama tempat yang ada di daerah tersebut. Akhirnya waktu liburan banyak terbuang hanya untuk mencari tempat.

Tapi hal tersebut tidak akan terjadi jika kalian menggunakan Google Maps. Kini Google Maps telah menghadirkan trobosan baru untuk membantu pengguna.

Google Maps sekarang bisa menerjemahkan nama tempat untuk kalian. Hal tersebut berguna saat kalian berkeliling di tempat asing, terlebih di luar negeri.

Lalu bagaimana cara menerjemahkan nama tempat di Google Maps? Simak ulasannya berikut ini.

Sumber Gambar : MS Power User

Cara Menerjemahkan Nama Tempat di Google Maps

Saat bepergian, pelancong biasanya memanfaatkan Google Maps untuk mencari tempat. Mereka cukup membuka aplikasi, ketik tempat tujuan, dan Google Maps akan mengarahkan kalian ke tujuan.

Selain itu, pengguna biasanya juga memanfaatkan ikon tempat di Google Maps. Ikon ini berguna untuk mengetahui jenis tempat yang tertera lokasi tersebut.

Tapi beda ceritanya saat kalian naik kendaraan umum. Kalian harus mengucapkan nama tempat ke sopir. Inilah yang susah, sebab nama tempat dan cara pelafalan kadang berbeda.

Untungnya kini Google telah menghubungkan Translate ke Maps. Jadi kalian bisa menerjemahkan nama tempat tanpa perlu meninggalkan aplikasi Maps, serta bisa melafalkannnya dengan lancar.

Walau belum dirilis secara resmi, tapi Google Maps telah membeberkan cara menggunakan fitur ini. Cara menerjemahkan nama tempat ditayangkan Google lewat cuitannya di Twitter.

https://twitter.com/googlemaps/status/1194646141071220737?s=20

Untuk menerjemahkan nama tempat di Google Maps, simak langkah berikut ini:

  • Update aplikasi Google Maps ke versi terbaru.
  • Buka aplikasi Google Maps di ponsel.
  • Ketik nama tempat yang ingin kalian kunjungi.
  • Klik pada entri, dan cari tombol speaker di sebelah nama tempat.

Klik tombol tersebut, dan Maps akan memberi tahu kalian cara mengucapkan nama tempat tersebut. Jika dirasa masih kurang, kalian bisa klik tombol β€˜Get more translations.’

Tombol β€˜Get more translate’ akan membawa kalian ke aplikasi Google Translate. Tapi perlu diingat, tombol ini hanya bekerja jika kalian telah menginstal aplikasi Google Translate di ponsel.

Fitur ini akan diluncurkan untuk Android dan iOS bulan November 2019. Sampai saat ini, fitur ini telah mendukung 50 bahasa. Google berjanji akan menambah lagi pilihan bahasa kedepannya.