Cara Mudah Mengatasi Layar Smartphone Android yang Macet

Layar smartphone kadang mengalami masalah seperti respon lambat. Lakukan cara ini untuk mengatasi layar ponsel Android yang macet.

Di era serba canggih saat ini, ponsel dengan keyboard fisik sudah jarang digunakan. Mayoritas orang lebih memilih smartphone touchscreen atau layar sentuh.

Smartphone layar sentuh sangat mudah digunakan, terlebih untuk mengetik pesan. Selain itu, ponsel ini juga memiliki tampilan lebih canggih dan elegan.

Namun di balik keindahan fungsinya, layar touchscreen dibuat dari kaca halus. Oleh karena itu, tidak heran jika layar smartphone menjadi komponen yang mudah rusak.

Jika layar kalian lambat atau tidak berfungsi sepenuhnya, belum tentu jika layar itu rusak. Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi layar smartphone Android yang macet.

Sumber Gambar : Shutterstock

Cara Mengatasi Layar Android yang Macet

Lepaskan Pelindung Layar

Biasanya pengguna smartphone memasang pelindung atau tempered glass di layar ponsel mereka. Hal ini bertujuan untuk melindungi layar dari goresan atau keretakan.

Sayangnya, lembaran plastik atau kaca juga bisa mengurangi sensitivitas layar. Pelindung layar dapat menghalangi touch signal ke panel display.

Jika layar ponsel kalian bermasalah akhir-akhir ini, coba lepas pelindungnya. Hal tersebut dapat meningkatkan tingkat respon pada layar yang melemah.

Tingkatkan Latensi Layar

Untuk tampilan layar yang hanya berfungsi sebagian saja, kalian bisa gunakan bantuan aplikasi. Aplikasi latensi layar dari pihak ketiga akan sangat membantu.

Touchscreen Repair adalah aplikasi ringan yang mengkalibrasi layar, dan mengurangi waktu respon. Aplikasi ini meminta pengguna secara terus-menerus mengetuk beberapa bagian layar.

Efektivitas aplikasi ini tergantung merek ponsel kalian. Beberapa OEM membuat ponsel dengan tingkat respon optimal. Meski tidak menghasilkan hasil signifikan, namun aplikasi ini patut dicoba.

Download

Kontrol Ponsel dengan Gerakan Wajah atau Suara

Sebenarnya kalian tidak harus bergantung dengan sentuhan untuk mengontrol ponsel. Beberapa ponsel saat ini menyediakan kontrol gerakan dan wajah, yang dapat menggantikan sentuhan di layar.

Misal untuk mencari informasi, kalian bisa memanfaatkan OK Google. Untuk aplikasi serupa lainnya, kalian bisa mencarinya di Play Store.

Pasangkan Keyboard dan Mouse Eksternal

Jangan putus asa jika kalian tidak bisa menginstal aplikasi. Cobalah menggunakan keyboard dan mouse eksternal pada smartphone.

Kalian bisa menyambungkan keyboard dan mouse eksternal ke smartphone. Dengan begitu, kalian bisa mengontrol smartphone dengan mudah.

Kunjungi Service Center

Mungkin kalian sudah melakukan semua cara di atas namun tidak ada hasil. Oleh sebab itu, jalan terakhir yang bisa dilakukan adalah pergi ke service center.

Jika kalian beruntung, teknisi dapat mengembalikan layar seperti semua. Namun jika tidak, mau tidak mau kalian harus mengganti smartphone tersebut.