Cara Mudah Mengecek Produk Xiaomi Asli atau Tidak

Apa kalian punya ponsel Xiaomi, tapi ragu dengan keasliannya? Jika iya, ada beberapa cara untuk mengecek produk Xiaomi asli atau tidak.

Xiaomi adalah salah satu produsen smartphone populer di dunia. Produsen asal Cina ini terkenal dengan produk-produknya yang dibanderol dengan harga terjangkau.

Selain smartphone, Xiaomi juga meluncurkan beberapa aksesoris ponsel. Beberapa aksesoris ponsel buatan Xiaomi berupa powerbank, earphone, adaptor, dll.

Sayangnya, ada beberapa pihak tidak bertanggung jawab yang membuat produk tiruan Xiaomi. Hasilnya, barang tersebut tidak memiliki spesifikasi sebagus versi aslinya.

Tentu ini sangat merugikan konsumen. Namun kalian jangan khawatir, sebab saya akan beberkan cara mengecek apakah produk Xiaomi asli atau tidak.

Sumber Gambar : Martjin Wester

Cara Memeriksa Produk Xiaomi Asli

Periksa Kode Keamanan

Xiaomi sebenarnya telah menambah kode keamanan di beberapa produknya. Kode keamanan ini bisa kalian temukan di Mi PowerBanks, atau produk smartphone Xiaomi.

Jika kalian menemukan kode keamanan dalam produk Xiaomi, jangan senang dulu. Periksa lebih dulu kode tersebut di situs Mi.com. Jika terverifikasi, maka produk Xiaomi itu asli.

Amati Kemasan Produk

Kualitas kemasan produk palsu biasanya tidak sebagus yang asli. Selain itu, tidak jarang produk Xiaomi palsu memiliki desain kemasan berbeda dengan yang asli.

Oleh sebab itu, kalian bisa periksa situs web resmi untuk memeriksa kemasan yang asli. Oya, kalian juga bisa mengunjungi Mi Store untuk memvalidasi kemasan aslinya.

Periksa Logo Mi

Produk asli pasti akan menyertakan logo situs web Mi. Jika produk Xiaomi kalian tidak memiliki logo Mi, bisa jadi produk tersebut palsu atau barang tiruan.

Kompatibilitas Aplikasi Mi Fit

Cara ini dapat kalian coba untuk memeriksa keaslian smartwatch Xiaomi. Sebab hanya Mi Band dan Mi Smartwatch yang kompatibel dengan aplikasi Mi Fit.

Untuk memeriksa keaslian barang, pertama unduh aplikasi Mi Fit di smartphone. Setelah itu, hubungkan Mi Fit dengan Mi Band atau Mi Smartwatch kalian.

Jika smartwatch atau band terhubung, itu artinya produk tersebut asli. Sebaliknya, jika mereka tidak bisa terhubung ke Mi Fit, kemungkinan produk yang kalian gunakan palsu.

Baca Cetakan yang Ada di Produk

Cara terakhir ini berguna untuk mengecek keaslian powerbank Xiaomi. Perusahaan telah menyatakan kalau powerbank mereka menggunakan baterai Li-Poly.

Biasanya powerbank Xiaomi palsu akan menggunakan baterai Li-ion. Jadi kalau di bagian bawah tulisannya ‘Li-ion’ bukan ‘Li-Poly’, itu berarti powerbank kalian barang palsu.

%d blogger menyukai ini: