Cara Mudah Menggunakan LastPass Bagi Pemula

LastPass adalah salah satu aplikasi penyimpan dan pengaturan kata sandi yang populer. Untuk itu, kali ini kami akan membahas bagaimana cara menggunakan aplikasi LastPass.

LastPass bisa membuat kata sandi yang rumit dan sulit diretas. Tidak hanya itu, LastPass juga akan menyimpan kumpulan kata sandi kalian dan melacaknya untuk berbagai aplikasi lain sehingga kalian tidak perlu mengingatnya.

LastPass memiliki versi komersial dan gratis. Versi gratis tentu saja memiliki keterbatasan. Namun, fitur yang ada juga sudah lumayan banyak.

LastPass tersedia untuk berbagai platform. Mulai dari ekstensi browser (Chrome, Firefox, Opera, dll), aplikasi komputer (Windows dan Mac), sampai aplikasi di ponsel (Android dan iOS).

Dari semuanya, cara paling mudah untuk mulai menggunakan LastPass adalah dengan ekstensi browser.

Sumber Gambar : LastPass Original

Cara Menggunakan LastPass

Berikut cara menggunakan LastPass:

  • Unduh dan install ekstensi LastPass di browser.
  • Setelah terpasang, akan muncul ikon baru di tools browser.
  • Klik ikon LastPass.
  • Pilih β€˜Create an Account Now.’
  • Ketik alamat email dan buatlah password utama yang kuat.
  • Pada halaman utama, login menggunakan akun yang sudah dibuat.
  • Ketik username dan password.
  • Klik ikon Lastpass di dalam kolom password.
  • Klik β€˜Save credentials for this site.’

Kalian juga bisa masuk ke berbagai layanan dan aplikasi yang kalian pakai, lalu menyimpannya di Lastpass saat muncul pemberitahuan.

Setelah itu akun LastPass secara bertahap akan mengisi ruang penyimpanan. Semua kata sandi dan informasi login akan disimpan secara berkala.

Sekarang kalian hanya perlu mengunjungi situs seperti biasa. Secara otomatis LastPass akan memasukkan username dan password kalian.

Sumber Gambar : LastPass

Mungkin kalian pernah menggunakan pengelola kata sandi browser lainnya. Jangan khawatir, kalian bisa mengimpor semua informasi login ke dalam LastPass.

Proses ini bervariasi tergantung tempat penyimpanan sebelumnya. Tapi kalian dapat menemukan semua informasi yang dibutuhkan dalam panduan LastPass’s Importing Passwords.

Kalau kalian membutuhkannya di perangkat lain, silakan unduh dan install aplikasinya sesuai perangkat yang kalian pakai. Nanti aplikasi akan melakukan sinkronisasi, sehingga kamu tidak perlu repot mengisi akun dan kata sandi di perangkat tersebut.

Tapi ingat, versi gratis punya akses perangkat terbatas. Kalian harus berlangganan aplikasi ini, jika ingin menghubungkan password ke beberapa perangkat sekaligus.

Gunakan LastPass

banner cybersport
%d blogger menyukai ini: