Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Cara Mudah Menggunakan Profile di Adobe Lightroom

Profile adalah salah satu fitur yang ada di Lightroom. Simak artikel ini untuk mengetahui cara menggunakan Profile Adobe Lightroom dengan benar.

Lightroom adalah software besutan Adobe untuk edit gambar. Rilis pada tahun 2007, hingga kini Lightroom telah memiliki banyak fitur menarik.

Salah satu fitur yang ada di dalam Lightroom adalah Profile. Fitur ini berfungsi untuk mengedit gambar RAW secara cepat.

Bisa dibilang, fitur Profile sangat berguna bagi Fotografer yang ingin mengedit gambar RAW. Simak ulasan berikut untuk mengetahui fitur Profile lebih lanjut.

Sumber Gambar : LEICA

Apa Itu Profile?

Sebelum mempelajari lebih jauh tentang Profile, sebaiknya kalian mengetahui sedikit tentang gambar. Mungkin sebelumnya kalian pernah mendengar istilah format RAW.

Format RAW adalah hasil jepretan kamera proses pengolahan gambar. Format ini mengandung semua informasi data gambar yang terekam oleh sensor kamera. Berbeda dengan, misalnya JPEG, yang sudah mengalami kompresi.

Jika kalian memotret dengan format RAW, maka gambar tersebut akan memiliki ukuran sangat besar. Selain itu format gambar biasanya tidak dikenali oleh layar.

Agar format gambar dapat dikenali, maka kalian butuh Profile. Profile mengubah data format RAW, menjadi gambar yang sudah jadi.

Profile bukan proses editing biasa yang diterapkan pada gambar. Profile seperti menerjemahkan format gambar dari kamera, agar bisa dilihat di layar.

Cara Menggunakan Profile di Adobe Lightroom

Adobe telah mengubah fitur ini dari β€˜Camera Profile’ menjadi β€˜Profile.’ Menggunakan Profile sangat mudah, bahkan kalian bisa mengubah nuansa gambar seketika.

Berikut ini cara menggunakan Profile:

  • Buka Adobe Lightroom.
  • Tekan shortcut β€˜CTRL + N’ untuk membuat dokumen baru.
  • Klik pada modul β€˜Develop.’
  • Perhatikan panel β€˜Basic’ yang ada di sisi kanan Lightroom.
  • Dalam panel tersebut, terdapat dropdown β€˜Profile.’
  • Klik dropdown tersebut dan lihat berbagai pilihan yang muncul.
  • Pilih salah satu Profile untuk mengubah rendering gambar RAW.
pilihan profile adobe lightroom
Sumber Gambar : Photography Tutplus
Sumber Gambar : Photography Tutplus

Terdapat browser yang menunjukkan hasil penggunaan Profile pada gambar. Untuk melihat hasilnya, klik ikon β€˜empat kotak’ untuk masuk Profile Browser.

Profile Browser juga menampilkan style kreatif tambahan dalam beberapa kategori. Kalian bisa memilih kategori B&W, Modern, Artistic, dan masih banyak lagi.

Download

More Stories
Oppo R17 Pro, Smartphone dengan Fitur Kamera 3D TOF