Cara Mudah Terhindar dari Iklan Berkedok Tombol Download Palsu

Apa kalian sering tertipu saat mengunduh file, tapi yang muncul justru iklan berkedok tombol download palsu? Jika iya, hindari iklan palsu tersebut dengan cara berikut ini.

Mayoritas pengguna internet tentu pernah mengunduh file dari sebuah situs. Berbagai file seperti game, eBook, film dan lainnya bisa didapatkan dari situs tertentu.

Sayangnya ada beberapa situs yang memasukkan iklan secara terselubung dalam website-nya. Iklan ini biasanya disamarkan dengan tombol download.

Ketika tombol download diklik, kita tidak akan menemukan file yang diinginkan. Biasanya kita akan mengunduh file berbeda, atau diarahkan ke situs iklan.

Tentu hal ini sangat menjengkelkan dan membuat was-was karena perangkat berpotensi terserang malware. Berikut ini cara menghindari iklan yang berkedok unduhan palsu.

Sumber Gambar : Marc Durdin’s Blog

Cara Menemukan Tombol Download Palsu

Sebagai panduan umum, mayoritas situs resmi tidak menggunakan tombol download berukuran besar. Contohnya kalian bisa menghindari tombol ‘Download’ berwarna hijau besar.

Justru tautan download yang asli biasa digambarkan dalam bentuk teks. Jika kalian klik teks bertuliskan ‘Download,’ maka kalian akan mengunduh file yang asli.

Tapi tidak semua tombol download berwarna hijau palsu. Sebagai contoh Urbandigital, kami juga kerap menggunakan tombol download berwarna hijau (terutama untuk Android).

Tombol download asli dan palsu sebenarnya bisa dikenali. Tombol palsu biasanya memiliki logo AdChoices di sudut kanan atas.

AdChoices adalah program pengelola iklan. Jika melihat logo itu, kemungkinan tombol berisi iklan atau unduhan palsu.

Saat menemukan logo AdChoices, klik ikon ‘X.’ Setelah laporkan iklan sehingga layanan tahu kalau bentuk iklan ini tidak sesuai.

Menguji URL

Cara lain mengetahui tautan asli atau tidak, yaitu mengarahkan kursor ke tombol download. Setiap browser akan menunjukkan sedikit tooltip dengan URL tautan.

Jika kalian tidak melihat nama file yang berhubungan dengan unduhan yang kamu inginkan di URL, maka itu bukan unduhan asli. Biasanya tautan asli relatif pendek dan memiliki nama berkas atau software di dalamnya.

Perangkat lunak Windows mayoritas dikemas dalam file EXE atau ZIP. Sedangkan program Mac biasanya memiliki format DMG atau ZIP.

Jika kalian menemukan banyak iklan atau web yang tidak terkait saat klik tombol download, tutuplah situs itu. Sebab itu bukan situs yang kalian cari.

Jika kalian ingin terhindar dari unduhan palsu, maka saya sarankan untuk mengunduh file dari situs terpercaya. Misal ingin mengunduh aplikasi, download aplikasi dari website resminya.

More Stories
iklan huawei nova 3i
Iklan Huawei Nova 3i dan Kontroversi Foto Selfie