Cara Mudah untuk Memperbaiki Layar Smartphone yang Retak

Layar smartphone kalian mengalami keretakan? Jika iya, tenang dulu. Berikut ini cara memperbaiki layar smartphone yang retak.

Smartphone adalah pengganti HP dengan keyboard fisik. Benda ini memangkas seluruh tombol navigasi HP, menjadi layar sentuh.

Ngomong-ngomong masalah layar, bagian ini memang paling rentan. Salah penggunaan sedikit, layar bisa tergores atau bahkan retak.

Jika layar tergores, mungkin hanya akan mempengaruhi penampilan. Tapi berbeda dengan layar retak. Bisa-bisa, daya sensitivitas smartphone akan menurun.

Lalu apa yang bisa dilakukan dengan layar smartphone yang retak? Tenang. Kali ini saya akan berbagi cara memperbaiki layar smartphone yang retak.

Tidak perlu ke tukang service. Sebab kalian bisa mencobanya sendiri di rumah. Lalu seperti apa caranya? Simak penjelasannya berikut ini.

Sumber Gambar : ABC News

Cara Memperbaiki Layar Smartphone yang Retak

Layar Retak Sebagian (Masih Berfungsi)

Saat jatuh, biasanya layar ponsel tidak selalu retak semua. Tidak jarang keretakan hanya ada di bagian tertentu saja. Biasanya di saat itu, layar ponsel masih bisa digunakan.

Hal pertama yang bisa dilakukan ada melakukan pemeriksaan pada layar. Untuk memeriksa kondisi layar, simak cara berikut ini:

  • Buka menu ‘Settings’ atau ‘Pengaturan’ di ponsel.
  • Cari menu ‘Kalibrasi Layar’ di ponsel.
  • Ikuti langkah-langkah yang ada.
  • Biasanya, kalian perlu tap (sentuh) layar di bagian mana saja.
  • Setelah itu, coba tap di titik tengah kalibrasi layar.
  • Kemudian tap lokasi-lokasi yang diminta oleh sistem.

Setelah melakukan petunjuk di atas, biasanya kerusakan kecil yang ada di layar akan kembali normal. Lalu bagaimana jika petunjuk di atas tidak ada efeknya?

Jika cara di atas tidak memberi dampak apa pun, kalian bisa melakukan factory reset. Hal tersebut sama saja kalian mengembalikan pengaturan HP menjadi versi pabrikan.

Namun sebelum melakukan factory reset, ada hal yang perlu kalian lakukan. Seperti saat install ulang laptop, kalian perlu backup data-data penting supaya tidak hilang.

Layar Retak (Touchscreen Tidak Berfungsi)

Kasus kedua ini berlaku untuk layar ponsel yang pecah, keluar garis panjang dan touchscreen tidak berfungsi. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan reset ulang firmware.

Jika firmware sudah di-reset ulang, tapi touchscreen masih tidak bisa, kalian terpaksa ganti layar HP. Untuk masalah ini, kalian bisa mengunjungi tukang service HP.