Cara Memakai AirDrop di Komputer Mac (iMac, MacBook, dll)

airdrop macbook

Kalau kamu baru pertama kali menggunakan komputer buatan Apple, entah itu iMac atau MacBook, kamu akan melihat AirDrop di Finder. Nah, kalau kamu belum paham soal itu, simak tutorial cara pakai AirDrop di Mac berikut ini.

AirDrop merupakan layanan milik Apple untuk melakukan transfer file antar perangkat dalam jarak dekat secara nirkabel (tanpa lewat internet/cloud). Fitur ini memanfaatkan koneksi Bluetooth dan WiFi secara lokal. AirDrop pertama kali hadir pada Mac OS X Lion dan iOS 7.

Dulu, pada awal peluncuran fitur ini, belum ada fitur sejenis di platform lain (misalnya Android dan Windows). Kini, beberapa produsen laptop Windows juga memiliki aplikasi serupa. Misalnya ASUS dengan aplikasi MyASUS yang dipasangkan dengan aplikasi Link to MyASUS di ponsel.

Nah, mari kita lihat bagaimana cara mengatur dan menggunakan fitur AirDrop di Mac.

Setelan AirDrop macOS

Kamu bisa menemukan fitur AirDrop di macOS pada sisi samping (sidebar) Finder. Kalau kamu tidak menemukannya, mungkin kamu menghapusnya secara tidak sengaja.

Untuk memunculkan AirDrop di Finder Mac: klik Finder > Preferences, kemudian pilih tab ‘Sidebar’, dan centang pilihan ‘AirDrop’.

setelan airdrop sidebar mac

Kamu juga bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat dan mengirim file ke komputer Mac milikmu lewat AirDrop. Caranya dengan tekan pilihan ‘AirDrop’ di sidebar Finder, lalu tekan ‘Allow me to be discovered by:‘ dan pilih siapa yang akan bisa melihat perangkatmu.

Pilihan yang ada meliputi:

  • No One: Kamu tidak akan menerima permintaan AirDrop.
  • Contacts Only: Hanya orang di dalam kontak yang bisa melihat perangkatmu.
  • Everyone: Semua perangkat Apple terdekat yang mengaktifkan AirDrop bisa melihat perangkatmu.

Kalau komputer Mac milikmu sudah kamu pasangkan (paired) dengan perangkat Apple lain (misalnya iPhone), maka perangkat lain akan secara otomatis muncul di Finder.

Cara Transfer File via AirDrop Mac

Pada dasarnya, kamu bisa mengirim file dari komputer Mac ke perangkat lain melalui tombol ‘Share’ yang ada di berbagai aplikasi. Tentunya dengan memilih ‘AirDrop’ dari menu yang muncul.

Misalnya jika dari Finder, klik kanan pada file bersangkutan, lalu pilih ‘Share’ dan tekan pilihan ‘AirDrop’. Nanti akan muncul perangkat lain yang terbaca, dan kamu bisa memilih perangkat itu.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan menggeser file bersangkutan ke menu ‘AirDrop’ di Finder dan meletakkannya pada perangkat yang ada (drag n drop).

Kalau sebelumnya perangkat lain sudah terhubung (paired) dengan komputer Mac milikmu, biasanya proses transfer akan berjalan langsung. Kalau tidak, perangkat itu akan memunculkan pemberitahuan dan penerima bisa menerima atau menolak.


Melakukan transfer file dari Mac ke perangkat Apple lain lewat AirDrop merupakan salah satu cara mudah dan efisien. Terutama untuk file berukuran besar. Karena protokol ini hanya memanfaatkan koneksi lokal via WiFi yang sama, tanpa mengunggah lewat internet.

Nah, sekarang giliranmu mencoba.

%d blogger menyukai ini: