Cara Pakai Steam Link Untuk Main Game PC di Ponsel

Kali ini kami akan membahas cara main game PC di ponsel dengan pakai aplikasi Steam Link. Sehingga kamu bisa main game—seperti Fall Guys, Control, atau Horizon Zero Dawn—di ponsel Android milikmu.

Yah, mungkin hal ini bukan sesuatu yang lazim. Tentu karena ada perbedaan desain tampilan game di PC yang punya layar besar dengan smartphone yang punya layar kecil. Tapi bukannya tidak mungkin.

Streaming Game ke Ponsel

Kini sudah ada beberapa layanan yang memungkinkan kita melakukan streaming game dari PC atau konsol ke perangkat lain (dalam hal ini smartphone). Ya, streaming. Hm, ya… mungkin lebih tepat disebut remote play. Karena pada dasarnya kita memainkan game yang ada di PC atau konsol, termasuk melihat tampilan game dan mengontrolnya dari jarak jauh.

Dalam hal ini, Steam Link memungkinkan kita terhubung dengan aplikasi Steam di PC dan menayangkannya di ponsel Android atau iOS.

Persiapan

Sebelum mulai, kamu harus memastikan beberapa hal.

  • Punya aplikasi Steam di PC dengan game siap dimainkan.
  • Install aplikasi Steam Link di ponsel Android (silakan unduh di Play Store atau App Store).
  • Kedua perangkat terhubung jaringan yang sama (disarankan Wi-Fi kecepatan tinggi atau jaringan 5G).
  • Punya kontroler untuk smartphone.

Punya jaringan kecepatan tinggi tentu berguna agar permainan berjalan lancar alias tidak lag. Steam menyarankan jaringan 5GHz (silakan cek modem / router milikmu).

Lalu, walau ada dukungan untuk layar sentuh, tentu akan lebih mudah jika kita punya kontroler game untuk smartphone. Karena sebagian besar game PC sudah mendukung kontroler game.

Di sini saya memakai smartphone ROG Phone 5 dengan kontroler Kunai 3 (Tapi saat saya memasangkannya, Steam Link mengenalnya sebagai Kunai 2. Mungkin belum update). Lalu router saya mendukung jaringan 2,4GHz.

Cara Pakai Steam Link

  1. Buka aplikasi Steam di PC dan aktifkan ‘Remote Play’ di Steam > Setting > Remote Play.
  2. Buka aplikasi Steam Link di ponsel.
  3. Pasang kontroler.
  4. Hubungkan dengan PC.
  5. Kamu akan diminta memasukkan kode dari Steam Link di aplikasi Steam PC.
  6. Kemungkinan akan ada pemberitahuan perangkat belum dikenal sehingga performa belum terverifikasi.
  7. Kamu sudah bisa akses Steam di PC. Klik ‘Start Playing’.
  8. Steam akan hadir di ponsel dengan tampilan Big Picture. Silakan pilih game untuk mulai bermain.

Setelan Komputer

Kamu bisa mengatur PC yang terhubung dengan aplikasi Steam Link, termasuk menambah perangkat lain. Kamu juga bisa melakukan tes kecepatan jaringan yang menghubungkan PC dan Ponsel.

Untuk mengakses Setelan Komputer di Steam Link, tekan tombol Setelan (tombol gerigi), lalu pilih ‘Computer.’

Setelan Kontroler

Lazimnya, tombol kontroler sudah dikenal oleh Steam Link. Namun jika kamu ragu, kamu bisa cek fungsi tiap tombol dan bisa memetakan (mapping) ulang tombol-tombol kontroler itu.

Untuk membuka Setelan Kontroler di Steam Link, tekan tombol Setelan (ikon gerigi), lalu pilih ‘Controller.’

Setelan Streaming

Agar permainan berjalan lancar, kamu juga bisa mengatur berbagai hal yang berhubungan dengan kualitas streaming idi aplikasi Steam Link. Seperti Kualitas video, audio, resolusi gambar, dll.

Untuk membuka Setelan Streaming di Steam Link, tekan tombol Setelan (ikon gerigi), lalu pilih ‘Streaming.’

Layakkah Main Game PC di Ponsel?

Kalau menurut saya, tergantung game dan kebiasaanmu. Ada beberapa game PC yang dengan mudah kita mainkan di ponsel, ada yang tidak.

Contohlah game Fall Guys. Game ini, dari sisi tampilan dan penggunaan, sangat mudah kamu mainkan di smartphone. Malah menurut saya, game ini sebenarnya lebih sesuai hadir di smartphone (anehnya justru belum ada Fall Guys versi mobile).

Game Fall Guys di ROG Phone 5 (ini yang lagi main keponakan saya)

Saya juga mencoba bermain Titanfall 2. Dari sisi tampilan sebenarnya tidak masalah. Hanya saja, saya tidak terbiasa mengontrol kamera (membidik) dan menembak dengan tuas di kontroler (tidak mendapat sensitivitas yang pas). Saya lebih terbiasa memakai kombinasi keyboard dan mouse.

Saat saya mencoba Horizon Zero Dawn sebentar, saya mendapati kelihatannya perlu ada mapping tombol kontrol lebih jauh. Untuk game ini, jujur, saya belum mengulik lebih jauh.

Bagaimana dengan lag? Ya, saya nggak akan bohong. Ada lag di sana sini. Fall Guys relatif lebih mulus bila dibandingkan dengan Horizon Zero Dawn. Hal ini bisa saya maklumi. Terutama karena router saya cuma punya kualitas jaringan 2,4GHz (umum sih sebenarnya).

Yah, itulah cara pakai Steam Link untuk main game PC di ponsel. Kalau kamu punya perangkat yang mendukung, silakan coba. Lucu kok.

%d blogger menyukai ini: