Tampilan SteamOS Akan Gantikan Big Picture di Aplikasi Steam

Peluncuran Steam Deck kelihatannya juga akan membawa pengaruh pada aplikasi Steam. Nantinya, tampilan SteamOS dari Steam Deck akan menggantikan Big Picture di aplikasi Steam.

Steam Deck yang merupakan konsol atau PC genggam menggunakan SteamOS sebagai sistem operasinya. Tentu sistem operasi ini disesuaikan dengan pemakaian yang berbasis fungsi kontrol perangkat itu, seperti thumbstick, trackpad, layar sentuh, dll.

Sementara Big Picture di aplikasi Steam sebenarnya juga memiliki fungsi yang mirip. Tampilan Big Picture berguna ketika kita mengoperasikan Steam di layar TV dan dengan kontroler, bukan dengan mouse.

Valve merilis Big Picture pada tahun 2012. Mode ini menginspirasi SteamOS pada masa awalnya, ketika menjadi bagian dari Steam Machine. Jadi boleh dibilang proses ini mengalami perjalanan satu lingkaran penuh.

Konfirmasi atas hal ini datang dari forum Steam. Di sana, pegawai Valve dengan username austinp_valve memberi konfirmasi kalau tampilan SteamOS akan mengganti Big Picture di aplikasi Steam.

Membaca jawaban dari anggota yang ada di forum itu, kelihatannya peralihan tampilan ke SteamOS ini mendapat tanggapan baik. Terus terang, saya sendiri jarang memakai Big Picture. Mungkin nanti saya coba pakai di smartphone dengan Steam Link.

Anyway, sayangnya belum ada jawaban tanggal pasti untuk peralihan dari Big Picture ke tampilan SteamOS. Mengingat Steam Deck baru akan meluncur ke konsumen pada akhir tahun, kemungkinan perubahan tampilan ini akan terjadi setelahnya.

%d blogger menyukai ini: