Cara Pasang Ekstensi di Browser Safari iPhone (iOS 15)

safari iphone ios 15

Akhirnya kita bisa pasang ekstensi di browser Safari iPhone mulai update iOS 15. Bahkan Apple menyediakan bagian App Store khusus untuk ekstensi Safari ini.

iOS 15 memang memberikan warna baru di browser Safari. Yang paling mencolok, tentu saja, adalah kotak alamat Safari untuk iPhone kini ada di bawah. Toh kehadiran ekstensi di Safari jadi kejutan tersendiri.

Dengan begitu Safari kini bisa bersanding dengan browser ponsel lain. Seperti kita ketahui, tetangga sebelah (pengguna Android) sudah bisa memakai ekstensi di browser tertentu cukup lama. Misalnya di Firefix dan Kiwi.

Nah, mungkin ada yang belum tahu bagaimana memasang ekstensi pada browser Safari. Kalau begitu, mari kita lanjut ke hal berikutnya.

Cara Install Ekstensi Safari di iPhone

  1. Buka ‘Pengaturan‘ iPhone.
  2. Masuk ke bagian ‘Safari‘.
  3. Tekan pilihan ‘Ekstensi‘ di bagian ‘Umum’.
  4. Kamu akan melihat aplikasi di iPhone milikmu yang sudah memiliki ekstensi. Aktifkan jika kamu ingin memakainya.
  5. Tekan ‘Ekstensi Lainnya‘ jika kamu mau mencari lebih banyak pilihan.
  6. Kamu akan dibawa ke App Store untuk Ekstensi. Silakan pilih ekstensi mana yang mau kamu pakai di Safari.

Ekstensi yang kamu pilih akan terpasang seperti aplikasi biasa dan akan muncul di halaman utama atau di daftar aplikasi (tergantung setelan yang kamu tentukan).

Kalau ekstensi sudah terpasang, kamu mengaktifkannya melalui ‘Pengaturan‘ atau di Safari langsung dengan tekan tombol peralatan (ᴀA) di kotak alamat dan pilih ‘Kelola Ekstensi‘. Kamu juga bisa memakai ekstensi tertentu melalui tombol ᴀA tersebut.

Itulah cara install dan pakai ekstensi di browser Safari untuk iPhone. Harap perhatikan ya, pilih ekstensi dari aplikasi dan layanan yang benar-benar kamu kenal.

Selamat mencoba dan salam metal!

%d blogger menyukai ini: