Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

4 Cara Repair Windows 10 Tanpa Menghilangkan Data, Dijamin Ampuh!

cara repair windows 10
Sumber: CNET
Indri Penulis

Ada beberapa cara repair Windows 10 terlengkap yang bisa kamu coba. Tenang, kamu bisa baca tutorial lengkap repair Windows 10 di sini.

Windows 10 saat ini masih menjadi salah satu OS terpopuler. Walau jadi OS yang banyak dipakai orang, bukan berarti Windows 10 bisa terus berjalan tanpa masalah.

Ada kalanya saat digunakan, pengguna akan menemukan beberapa kendala. Contohnya proses booting yang tiba-tiba nggak normal, adanya file corrupt, dsb.

Bagi pengguna yang nggak mau ribet, biasanya mereka akan minta tukang service untuk install ulang Windows 10. Dengan begitu, semua masalah dianggap bakal selesai.

Padahal selain install ulang, ada beberapa cara repair Windows 10 tanpa install ulang lho. Kalau tanpa install ulang masalah bisa teratasi, bukannya malah bisa hemat biaya service? Setuju nggak?

Makanya, kali ini saya ingin membagikan beberapa tips dan cara repair Windows 10 kepada Urban People. Pastikan Urban People menyimak ulasan saya sampai bawah ya!

Cara Repair Windows 10

Ada beberapa tutorial repair Windows 10 yang bisa kamu coba. Yakni tutorial repair tanpa install ulang, dan tutorial repair Windows 10 tanpa install ulang.

Tenang saja, saya akan membahas semuanya untuk kamu. Nah yang pertama akan saya bahas adalah cara repair Windows 10 tanpa install ulang. Tutorial ini akan terbagi menjadi beberapa bagian seperti repair via CMD, dll.

Lalu opsi terakhir, adalah repair Windows 10 dengan metode install ulang. Saya sarankan, ini kamu jadikan opsi terakhir. Terlebih kalau semua cara yang saya bagikan tidak membuahkan hasil.

1. Cara Repair Windows 10 Tanpa Install Ulang Terlengkap

a. Cara Repair Windows 10 dengan Menggunakan CMD

Masalah yang terjadi Windows 10 bisa terjadi gara-gara ada file rusak. Untuk mengatasinya, kamu bisa gunakan perintah CMD untuk boot ke sistem operasi.

Baca Juga:  Microsoft Uji Variasi Tombol Pencarian (Search) Windows 11

Seperti inilah cara repair Windows 10 dengan CMD:

  • Ketik “cmd” di dalam fitur Search untuk membuka Command Prompt.
  • Setelah itu klik kanan “Command Prompt.”
cara repair windows 10
Sumber: PCMag
  • Kemudian pilihlah “Run as Administrator.”
  • Selanjutnya ketik “sfc / scannow” pada Command Prompt.
Sumbeer: PCMag
  • Tekan tombol “Enter” di keyboard untuk mengeksekusi perintah.

Selesai deh. Sekarang biarkan komputermu melakukan pemindai. Sabar saja, karena pemindaian biasanya akan memakan waktu yang cukup lama. Tapi harusnya, proses tersebut sudah bisa memperbaiki file yang rusak.

b. Cara Repair Windows 10 dengan Menggunakan Startup Repair

Untuk pengguna laptop, biasanya saat kamu menekan tombol F11, kamu akan dibawa ke Advanced Startup Options Windows 10. Nah, kamu bisa manfaatkan fitur Advanced Startup Options untuk me-repair Windows 10.

Seperti ini tutorial repair Window 10 dengan Startup Repair:

  • Tekan dan tahan tombol “F11” di keyboard laptop sampai Startup Options terbuka.
  • Setelah itu, lakukan boot pada disk instalasi dan klik “Next.”
  • Kemudian kamu akan dibawa ke halaman “Choose an option.”
cara repair windows 10
Sumber: PCMag
  • Klik menu “Troubleshoot.”
cara repair windows 10
Sumber: PCMag
  • Selanjutnya klik opsi “Advanced Options.”
  • Kalau sudah, klik “Startup Repair.”
cara repair windows 10
Sumber: PCMag

Setelah itu, Windows akan membutuhkan waktu untuk memperbaiki masalah yang ada. Biasanya waktu yang diperlukan beberapa detik/menit, tergantung masalah yang diperbaiki.

Lalu bagaimana jika tidak ada masalah yang terdeteksi? Kalau misalnya tidak ada masalah yang ditemukan, Windows akan memberi tahumu.

c. Cara Repair Windows 10 dengan System Restore

Cara yang selanjutnya adalah dengan menggunakan fitur System Restore. Tapi sebelumnya, kamu perlu masuk ke Recovery Environtment terlebih dulu.

Seperti ini tutorial memperbaiki Windows 10 menggunakan System Restore:

  • Tekan dan tahan tombol “F11” di keyboard laptop sampai Startup Options terbuka.
  • Setelah itu, lakukan boot pada disk instalasi dan klik “Next.”
  • Kemudian kamu akan dibawa ke halaman “Choose an option.”
  • Klik menu “Troubleshoot.”
  • Selanjutnya klik opsi “Advanced Options.”
Sumber: Minitool
  • Setelah itu klik “System Recovery” dan PC akan restart.
  • Kalau sudah selesai restart, pilih nama akun dan masukkan kata sandi akun Windows-mu.
  • Klik tombol “Next” untuk melanjutkan.
Baca Juga:  Google Play Games di Windows akan Hadirkan Persyaratan Sistem yang Lebih Rendah

Setelah itu kamu bisa memilih titik pemulihan siste. Pastikan kamu mengikuti semua petunjuk di jendela pop-up, untuk melakukan proses perbaikan dan pemulihan Windows 10.

2. Cara Repair Windows dengan Install Ulang [Opsi Terakhir!]

Install ulang adalah opsi terakhir jika semua cara di atas tidak mempan. Saran saya sebelum kamu melakukan install ulang, pastikan kamu sudah me-back up semua data di komputermu.

Kalau semua data sudah aman, sekarang kamu bisa melakukan install ulang Windows 10 dengan lancar. Nggak perlu ke tukang service, kamu bisa baca panduan dari kami, “Cara Install Ulang Windows 10 dengan Flashdisk Paling Mudah.”

Akhir Kata

Okey, itu dia beberapa cara repair Windows 10 terlengkap yang bisa Urban People coba. Cara-cara di atas saya rasa bisa Urban People coba sendiri di rumah. Jadi nggak perlu manggil tukang service.

Tapi kalau misalnya setelah install ulang masalahnya nggak kelar, sabar. Mungkin sudah saatnya Urban People membawa laptop/komputer ke service center terdekat.

Jika kamu ingin masukan, kritik atau saran terkait artikel ini, kamu bisa sampaikan ke email [email protected] Atau kamu juga bisa meninggalkan pesan cinta di kolom komentar. ^_^


Oya, jangan lupa baca juga artikel seru seputar Windows lainnya di Urbandigital. Seperti artikel seputar kabar terbaru, tutorial, fitur unik, dll dari Indri. Jangan sungkan juga untuk meninggalkan komentar di artikel saya atau teman-teman yang lain.


Sumber:

  • Cara Repair Windows 10 dengan Menggunakan CMD – https://www.laptopmag.com/articles/repair-windows-10
  • Cara Repair Windows 10 dengan Menggunakan Startup Repair – https://www.laptopmag.com/articles/repair-windows-10
  • Cara Repair Windows 10 dengan System Restore – https://www.minitool.com/data-recovery/repair-windows-10-free-009.html