Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Reset Ulang iPad ke Pengaturan Pabrik Terlengkap dan Termudah, Via iPad atau PC Semuanya Bisa!

cara reset ulang ipad ke pengaturan pabrik
Indri Penulis

Gimana sih cara reset ulang iPad ke pengaturan pabrik? Biar nggak pusing, kamu bisa coba beberapa tutorial berikut ini.

Siapa nih yang iPad-nya suka error? Contoh iPad-nya sering macet, memorinya penuh, atau mengalami berbagai masalah lainnya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki masalah-masalah tersebut. Biasanya masalah tersebut bisa diselesaikan dengan me-restart iPad, menghapus beberapa file nggak penting, atau bahkan mereset iPad ke pengaturan pabrik.

Cara yang ketiga biasanya dilakukan kalau masalah di tablet sudah parah. Dengan mengembalikan iPad ke setelan pabrik, semua pengaturan di iPad akan kembali ke awal. Jadi saat kamu memakainya, kesannya iPad seperti baru pertama kali dibeli.

Terus gimana cara reset ulang iPad ke pengaturan pabrik? Tenang, nggak usah galau. Kali ini saya telah menyiapkan beberapa cara reset iPad ke pengaturan pabrik buat kamu.

  • Solusi Cepat
    Untuk reset ulang iPad ke pengaturan pabrik, kamu bisa buka “Settings > General.” Setelah itu klik “Transfer” atau klik “Reset iPad.” Terakhir, kamu tinggal klik “Erase All Content and Settings.”

Pastikan Kamu Bikin Cadangan Lebih Dulu

Sebelum mengatur iPad ke setelan pabrik, alangkah baiknya agar kamu menyimpan data yang sudah tersimpan. Ada beberapa cara mencadangkan iPad yakni bisa lewat Mac dan PC Windows. Tapi kalau mau cara termudah, kamu bisa cadangkan lewat iCloud.

Untuk mencadangkan data iPad via iCloud, kamu bisa praktikkan cara berikut ini:

  • Buka “Settings” yang ada di iPad-mu.
  • Setelah itu klik namamu yang ada di bagian atas halaman.
cara reset ipad ke pengaturan pabrik
Sumber: CNET
  • Selanjutnya klik “iCloud > iCloud Backup.”
  • Selanjutnya, klik “Turn on iCloud Backup.”
Baca Juga:  Tablet iPad Entry-Level Murah Rilis Oktober 2022 Bareng iPad Pro M2

Setelah kamu mengaktifkan pencadangan iCloud, sekarang iPad-mu bakal mencadangnkan secara otomatis sekali sehari. Aktivitas ini terjadi saat iPad-mu tersambung ke pengisian daya, internet atau dalam posisi terkunci.

Cara Reset Ulang iPad ke Pengaturan Pabrik

Ada dua cara reset ulang iPad ke pengaturan pabrik. Pertama, kamu bisa mereset lewat Mac atau PC Windows. Lalu yang kedua, kamu bisa melakukannya langsung dari iPad.

Nah sekarang saya akan bahas cara yang paling mudah terlebih dulu, yakni cara reset ulang iPad ke pengaturan pabrik ‘langsung dari iPad.’ Baru setelah itu, saya akan bahas cara via Mac atau PC Windows.

a. Reset Ulang iPad ke Pengaturan Pabrik Via iPad

Cara pertama ini sangat mudah. Kenapa? Karena kamu bisa melakukannya langsung dari iPad. Kamu nggak butuh bantuan perangkat lain. Selain itu, ini adalah cara reset ulang iPad ke pengaturan pabrik tanpa passcode.

Untuk mereset ulang iPad ke pengaturan pabrik secara langsung, kamu bisa praktikkan langkah-langkah berikut ini:

  • Buka “Settings > General.”
  • Setelah itu klik “Transfer” atau “Reset.”
cara reset ulang ipad ke pengaturan pabrik
Sumber: CNET
  • Selanjutnya klik “Erase All Content and Settings.”

Nah karena kamu sebelumnya sudah mencadangkan semua data di iPad, sekarang kamu nggak perlu khawatir. Karena iPad-mu bakal mencadangkan data dengan aman.

b. Reset Ulang iPad ke Pengaturan Pabrik Via PC

Kamu bisa menggunakan Mac atau PC Windows untuk menghapus semua data serta pengaturan iPad. Selain itu kamu juga bisa memulihkan iPad ke pengaturan pabrik, bahkan menginstal iPadOS ke versi terbaru.

Tapi untuk mereset ulang iPad ke pengaturan pabrik lewat PC, ada satu hal penting yang perlu kamu lakukan terlebih dulu. Yakni menghubungkan iPad ke PC menggunakan kabel USB, dan bisa juga menggunakan Finder atau iTunes.

Baca Juga:  Rumor iPad Pro 14,1 inci akan Hadir dengan Chipset M2

Setelah kamu menghubungkan iPad ke PC, sekarag kamu tinggal ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Hidupkan iPad-mu.
  • Di Mac (macOS 10.15 atau versi lebih baru), klik ikon Finder di Dock.
  • Setelah itu klik tombol iPad di bar samping Finder (di bawah Location).
  • Selanjutnya klik “General” di bagian atas.
  • Kemudian klik “Restore iPad.”

Nah buat kamu yang saat ini masih pakai macOS 10.14 (atau versi yang lebih lama) atau PC Windows, tenang. Tapi pastikan kamu punya iTunes versi terbaru ya.

Kalau semuanya sudah siap, kamu bisa praktikkan langkah-langkah berikut ini:

  • Hidupkan iPad-mu.
  • Setelah itu buka iTunes di iPad-mu.
  • Sekarang tombol iPad di sebelah kiri atas jendela iTunes.
  • Klik menu “Summary.”
  • Terakhir, klik tombol “Restore iPad.”

Selesai deh. Kalau sebelumnya kamu sudah melakukan pencadangan, maka proses reset iPad ke versi pabrikan bakal aman-aman saja. Dijamin semua data yang pernah tersimpan dalam iPad nggak bakal hilang.

What’s Next?

Oke Urban People, itu dia beberapa cara reset ulang iPad ke pengaturan pabrik. Kamu tinggal pilih saja metode yang menurutmu paling gampang.

Tapi kalau saya pribadi, cara reset iPad ke pengaturan pabrik paling gampang tepat lewat iPad itu sendiri. Soalnya yang perlu kamu lakukan cuma buka “Settings > General.” Setelah itu klik “Transfer” atau klik “Reset iPad.” Terakhir, kamu tinggal klik “Erase All Content and Settings.”

Baiklah kalau gitu, selamat mencoba ya!


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]