Cara Mudah Mengetahui Waktu Buka Puasa Secara Online

buka puasa

Setelah berpuasa sehari penuh, waktu berbuka merupakan saat yang dinanti. Dengan teknologi digital saat ini, kamu bisa dengan mudah mengetahui waktu buka puasa melalui via online.

Caranya mudah, yaitu dengan memanfaatkan Google. Cara ini bisa sangat berguna kalau kamu tidak mengetahui jadwal puasa dan tidak berada di dekat masjid. Selama ada koneksi internet, hal ini bisa terpecahkan.

Berikut ini adalah caranya!

Lewat Google

Cara melihat waktu berbuka puasa di Google cukup mudah. Kamu bisa memanfaatkan kotak pencari aplikasi Google di Android atau dengan Google Assistant. Jangan lupa mengaktifkan lokasi (GPS) agar lebih akurat.

pencarian waktu buka puasa

Di pencarian Google

  • Ketikan kata ‘Waktu Magrib’ atau ‘Jadwal shalat’.
  • Google akan menyajikan jadwal shalat sesuai lokasimu.

Di Google Assistant

  • Aktifkan Google Assistant (atau perintah suara).
  • Tanya ‘Kapan waktu Magrib’ atau ‘Jam berapa waktu buka puasa hari ini (atau hari lain, seperti besok)’.
  • Google Assistant juga akan menjawab dengan jadwal shalat.

Tentu kamu bisa melihat kapan waktu Magrib untuk berbuka. Yah, kamu juga bisa memanfaatkan cara ini untuk mencari waktu shalat lainnya.

Beberapa waktu lalu Google belum menerapkan snippet untuk waktu shalat. Karena ketika dicari dengan kata seperti “waktu shalat Magrib’ atau variasi sejenis, hasilnya seperti pencarian web biasa.

Namun kini sudah ada snippet jadwal shalat di Google. Sehingga hasilnya sudah lebih lengkap. Bahkan ketika kamu pertama kali melihat hasil pencarian ini, kamu akan ditawarkan untuk membuat shortcut pencarian ini di layar utama smartphone (kalau pakai Android).

Kalau kamu ingin sedikit lebih yakin, dalam arti mendengar suara adzan Magrib, kamu bisa mencari aplikasi radio streaming atau website radio di kota tempat kamu berada. Tinggal putar dan tunggu adzan Magrib berkumandang. Jangan lupa, biasanya siaran radio membutuhkan earphone sebagai antena.

Nah, itu dia beberapa cara untuk mengetahui waktu buka puasa. Selamat menunaikan ibadah puasa.

%d blogger menyukai ini: