4 Tips Google Search Widget di Android

Google search bar

Bilah pencarian Google adalah widget yang umumnya hadir di layar utama ponsel Android. Berikut beberapa tips Google Search widget di Android.

Pada umumnya, kita memakai widget ini untuk mencari info di internet. Namun ternyata lebih dari itu. Kotak pencari Google ini sebenarnya memiliki kemampuan mencari secara universal.

Oya, harap diingat kalau tips ini bisa berbeda, tergantung versi Android, skin Android, aplikasi launcher, dll yang kamu pakai di ponsel. Saya menggunakan ASUS Zenfone Max Pro M1 dengan Android murni (stock). Di samping itu, saya juga memakai Nova Launcher.

Mencari Kontak dan Aplikasi

cari kontak dan aplikasi android

Widget Google Search tidak hanya melakukan “gugling” atau bertanya pada mbah Google saja. Tapi juga melakukan pencarian dalam ponsel. Ini termasuk kontak dan aplikasi.

Yah, kalau kamu punya banyak kontak dan aplikasi, menelusuri satu persatu cukup repot. Dengan mengetik di widget Google Search, kamu bisa menghemat waktu dan tenaga. Apalagi, untuk kontak kamu bisa memilih tindakan selanjutnya. Mau menelpon, kirim pesan, atau WhatsApp.

Cari Informasi Tanpa Membuka Google

google search widget converter

Kadang kita mencari konversi mata uang, suhu, ukuran, dll di Google atau menggunakan aplikasi. Selain itu sering pula kita mencari arti kata alias terjemahan di sana atau menggunakan aplikasi Google Translate. Tapi, kamu bisa mendapatkan hasil yang sama dengan mencari di widget Google Search.

Bahkan, kamu tidak perlu membuka aplikasi atau halaman web. Cukup ketik apa yang ingin kamu ketahui dan Google segera memberi hasilnya. Yah, kamu butuh koneksi internet untuk ini.

Mencari dengan Suara (Berbicara)

google assistant search bar widget

Google mendukung pencarian suara melalui Google Assistant. Bahkan dalam bahasa Indonesia. Nah, kalau kamu menonaktifkan perintah suara, kamu tetap bisa mencari dengan suara (walau butuh satu langkah ekstra).

Tekan ikon Google Assistant atau ikon mikrofon di kotak pencari, dan sebutkan apa yang ingin kamu cari. Google Assistant akan segera memberikan hasilnya. Tentu saja, untuk ini kamu membutuhkan koneksi internet.

Ubah Tampilan Widget Google Search

customize google search widget

Mungkin kamu tidak suka tampilan kotak widget ini. Jangan kuatir. Kamu bisa menggantinya.

Untuk itu, kamu perlu membuka aplikasi Google. Lalu tekan tombol Lainnya (More). Setelah itu, masuk ke pilihan Sesuaikan widget (Customize widget). Di sana kamu bisa memilih tampilan. Mulai dari logo Google, bentuk batang, ikon Assistant/suara, warna, dll.

banner cybersport
%d blogger menyukai ini: