Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

4 Cara Uninstall Aplikasi di Windows 10 Sampai Bersih, Dijamin Ampuh!

cara uninstall aplikasi di windows 10
Sumber ; Moyen I/O
Indri Penulis

Gimana sih cara uninstall aplikasi di Windows 10 sampai bersih? Tenang, kamu bisa baca tutorial lengkapnya hanya dalam artikel ini.

Setiap pengguna komputer Windows pasti membutuhkan aplikasi untuk menunjang aktivitas. Bayangkan saja kalau tidak ada aplikasi di komputer, apa kita bisa pakai komputer dengan lancar? Tentu tidak.

Maka dari itu, saat pertama kali menggunakan komputer Windows, pasti di dalamnya sudah ada beberapa aplikasi bawaan. Kalau memang dibutuhkan, pengguna bisa menginstal aplikasi tambahan dari pihak ketiga.

Sayangnya kadang-kadang nggak semua aplikasi yang ada di komputer kita penting. Contohnya buat orang yang kerjaan sehari-harinya mengetik, pasti aplikasi yang dipakai seputar Microsoft Office Word. Aplikasi desain seperti CorelDraw mungkin tidak diperlukan.

Daripada makan banyak memori di komputer, bukan kah lebih baik kita hapus aplikasi yang tidak penting? Biar memori di komputer lebih longgar, performa pun lebih kencang.

Tapi pertanyaannya, bagaimana cara uninstall aplikasi di komputer Windows? Nggak usah khawatir. Khusus buat pengguna Windows 10, kali ini saya mau bagi-bagi cara uninstall aplikasi di Windows 10 sampai bersih.

Cara Uninstall Aplikasi di Windows 10 Sampai Bersih

Uninstall aplikasi tidak hanya dilakukan dengan klik tombol “Uninstall,” lalu semuanya selesai. Masih ada beberapa cara lagi yang harus dilakukan kalau ingin penghapusan benar-benar bersih.

Selain itu ada juga beberapa cara uninstall aplikasi di Windows 10. Kamu bisa uninstall aplikasi lewat Start Menu, menu Settings atau Control Panel.

Baca Juga:  Alasan Kenapa Memilih dan Membeli Laptop Windows

1. Cara Uninstall Aplikasi Via Start Menu Windows 10

Tips yang pertama adalah uninstall aplikasi dari Start Menu Windows 10. Ini dia beberapa langkah yang bisa kamu praktikkan:

  • Klik tombol Windows yang ada di keyboard komputermu.
  • Setelah itu carilah aplikasi / program dalam daftar yang ditampilkan.
  • Kemudian tekan dan tahan (atau klik kanan) pada aplikasi yang akan di-uninstall.
cara uninstall aplikasi di windows 10
Sumber: PCMag
  • Terakhir, pilih “Uninstall.”

2. Cara Uninstall Aplikasi Via Menu Settings Windows 10

Nah kalau tips yang kedua ini agak rumit (tapi nggak rumit-rumit amat juga sih). Kamu bisa menghapus aplikasi lewat menu Setting yang ada di Windows 10.

Jadi seperti ini cara uninstall aplikasi via menu Setting di Windows 10:

  • Klik tombol Windows yang ada di keyboard komputermu.
cara uninstall aplikasi di windows 10
Sumber: Business Insider
  • Setelah itu klik “Settings > Apps > Apps & Features.”
cara uninstall aplikasi di windows 10
Sumber: Business Insider
  • Kemudian pilih aplikasi yang ingin kamu hapus.
  • Terakhir, klik menu “Uninstall.”

3. Cara Uninstall Aplikasi Via Control Panel Windows 10

Cara terakhir ini adalah uninstall aplikasi dari Control Panel Windows 10. Yuk, langsung praktikkan langkah-langkahnya:

  • Klik menu Search yang ada di taskbar.
  • Setelah itu ketik ‘control panel’ dan klik hasil yang muncul.
  • Selanjutnya klik “Programs > Programs and Features.”
  • Tekan dan tahan (atau klik kanan) aplikasi / program yang ingin kamu uninstall.
cara uninstall aplikasi di windows 10
Sumber: PCMag
  • Kemudian klik “Uninstall” atau “Uninstall/Change.”
  • Terakhir, ikuti semua petunjuk yang ada di layar sampai selesai.

4. Uninstall Aplikasi di Windows 10 Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Tombol Uninstall tidak bisa membersihkan aplikasi yang di-uninstall sampai 100%. Walaupun sudah dicopot pemasangannya, tapi biasanya masih ada data yang tertinggal di celah-celah penyimpanan komputer.

svg%3E
Sumber: PCMag

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Saat ini ada banyak aplikasi pihak ketiga yang menawarkan kemampuan membersihkan ‘sisa aplikasi’ sampai tuntas.

Baca Juga:  4 Cara Repair Windows 10 Tanpa Menghilangkan Data, Dijamin Ampuh!

Mungkin salah satu aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu coba adalah Revo Uninstaller. Aplikasi tersebut akan menghapus aplikasi desktop, aplikasi Windows, dan bahkan ekstensi browser sampai bersih.

Revo Uninstaller bisa kamu dapatkan secara gratis. Tapi ada juga versi Pro seharga $29,95 untuk kamu yang menginginkan fitur lebih lengkap dan canggih.

Akhir Kata

Oke guys, itu dia beberapa cara uninstall aplikasi di Windows 10 sampai tuntas dan bersih. Kamu bisa praktikkan cara yang menurutmu paling simpel.

Dengan menghapus aplikasi yang tidak penting, hal tersebut akan membuat komputermu lebih sehat. Pasalnya memori penyimpanannya akan menjadi lebih longgar. Performa komputer juga bisa lebih kencang.

Tapi ingat ya, pastikan aplikasi yang kamu hapus benar-benar tidak penting. Selain itu, hindari uninstall aplikasi / program yang berkaitan dengan sistem operasi komputer. Sebab hal tersebut bisa menyebabkan komputer error.

Jika kamu ingin masukan, kritik atau saran terkait artikel ini, kamu bisa sampaikan ke email [email protected] Atau kamu juga bisa meninggalkan pesan cinta di kolom komentar. ^_^


Oya, jangan lupa baca juga artikel seru seputar Windows lainnya di Urbandigital. Seperti artikel seputar kabar terbaru, tutorial, fitur unik, dll dari Indri. Jangan sungkan juga untuk meninggalkan komentar di artikel saya atau teman-teman yang lain.


Sumber:

  • Cara Uninstall Aplikasi di Windows 10 Sampai Bersih – https://support.microsoft.com/en-us/windows/uninstall-or-remove-apps-and-programs-in-windows-4b55f974-2cc6-2d2b-d092-5905080eaf98#ID0EBD=Windows_10
  • Uninstall Aplikasi di Windows 10 Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga – https://www.pcmag.com/how-to/how-to-uninstall-programs-in-windows-10