Tutorial Cara Upgrade MacOS Lama ke MacOS Big Sur

Kamu masih pakai macOS lama dan ingin upgrade ke Big Sur? Cobalah tutorial cara upgrade macOS versi lama ke Big Sur berikut ini.

macOS Big Sur sudah rilis beberapa bulan lalu. Sistem operasi ini akhirnya resmi menggantikan macOS Catalina yang telah ada sebelumnya.

Jika Mac kalian masih menjalankan macOS Catalina atau bakan versi yang lebih lama, kalian bisa meng-upgrade Mac ke versi terbaru. Lalu bagaimana tutorial upgrade macOS lama ke Big Sur?

Cara Upgrade macOS Lama ke Big Sur

Sumber Gambar : Macworld UK

Tidak semua Mac bis di-upgrade ke versi macOS terbaru. Berikut ini daftar model Mac yang kompatibel dengan Big Sur:

  • Mac mini (2014 dan yang lebih baru)
  • MacBook (2015 dan yang lebih baru)
  • MacBook Air (2013 dan yang lebih baru)
  • MacBook Pro (akhir 2013 dan yang lebih baru)
  • Mac Pro (2013 dan yang lebih baru)
  • iMac (2014 dan yang lebih baru)
  • iMac Pro (2017 dan yang lebih baru)

Jika kalian tidak tahu model Mac yang sekarang dipakai, kalian bisa memeriksanya. Caranya klik pada ikon Apple di sudut kiri atas lalu pilih β€˜About This Mac.’

Cara Upgrade macOS Big Sure
Sumber Gambar : Make Use Of

Setelah itu akan muncul jendela baru yang menampilkan informasi umum Mac kalian. Seperti model Mac, tahun, hingga versi sistem operasi yang dijalankan saat ini.

Lalu bagaimana cara meningkatkan macOS lama ke Big Sur? Sebenarnya setiap perangkat yang kompatibel akan segera mendapat pemberitahuan upgrade, sesaat setelah sistem operasi baru resmi rilis.

Kalau kalian kebetulan melihat ada pemberitahuan semacam itu di layar komputer, cukup klik β€˜Install Now.’ Setelah itu perangkat kalian akan upgrade sistem operasi secara otomatis.

Tapi jika kalian tidak melihat pemberitahuan tersebut, kalian bisa memeriksa pembaruan di komputer. Apakah sudah tersedia atau belum. Caranya buka β€˜System Preferences > Software Update’ lalu klik tombol β€˜Upgrade Now.’

Cara Upgrade macOS Big Sure
Sumber Gambar : Make Use Of

Cara lain untuk memulai proses instalasi adalah dengan pergi ke halaman resmi Big Sur. Kalian bisa mengunduh pembaruan Big Sur di sana.

Tapi kalau kalian pakai cara kedua ini, mungkin akan memakan waktu lama. Sebab file Big Sur kurang lebih mencapai 12GB. Jika file tersebut sudah terunduh, Mac akan meluncurkan installer secara otomatis.

Kalian hanya perlu mengikuti instruksi yang ada di sana. Biasanya menginstal Big Sur membutuhkan waktu sekitar 30 menit atau lebih. Selamat mencoba!

%d blogger menyukai ini: