Apple Rilis macOS Big Sur, Punya Desain dan Fitur Aplikasi Baru

apple macos bigsur

Apple sudah merilis secara resmi generasi terbaru sistem operasi macOS, Big Sur. Di dalam versi terbaru ini, macOS mendapatkan desain baru, browser Safari lebih cepat dan personal, aplikasi Message senada dengan iPhone dan iPad, aplikasi Peta dengan fitur baru, dan tentu saja, mendukung chipset baru M1.

Pada acara WWDC20, Apple sudah mengumumkan kehadiran sistem operasi terbarunya ini. Saat itu juga sudah disebutkan apa saja fitur yang akan hadir. Kemudian, di acara “One More Thing”, Apple juga menyebutkan kapan Big Sur akan resmi dirilis.

Hari itu pun tiba. Nah, untuk yang penasaran, mari kita lihat fitur baru yang diberikan Apple pada macOS Big Sur.

Desain Baru

Apple membuat Big Sur lebih mudah kamu navigasikan. Perubahannya tidak terlalu radikal, tapi mendetil. Mulai dari lengkungan ujung jendela sampai pilihan warna.

Dock menjadi salah satu bagian yang berubah. Kini tampilan ikonnya senada dengan perangkat Apple lain. Selain itu, tombol-tombol aplikasi juga hanya akan muncul (lebih terlihat) ketika kita butuhkan.

Control Center baru, yang juga lebih seperti iOS, memberikan akses kontrol lebih cepat dari menu bar. Lalu ada pula Notification Center dan Widget baru.

Safari

Apple membuat Safari lebih cepat, lebih personal, dan lebih menghargai privasi. Salah satu klaim Apple, Safari kini lebih cepat 50% dari Chrome. Bahkan lebih cepat lagi di komputer dengan chipset M1.

Di samping itu, Safari juga memiliki rancangan Tab baru, dengan preview website dan favicon. Ditambah lagi, juga ada halaman awal baru dengan latar yang bisa kamu ganti, daftar bacaan, dll.

Safari kini juga meningkatkan perlindungan privasi pengguna. Kamu bisa melihat laporan privasi dari situs yang kamu buka. Selain itu ada pula alat monitor pembobolan password. Bahkan pengguna juga bisa memilih situs mana yang bisa bekerja dengan ekstensi Safari.

Messages

Sama seperti yang hadir di iOS 14, kamu bisa mengatur percakapan grup favorit, menyematkan percakapan, dan melakukan pencarian dengan hasil lebih detil. Aplikasi ini juga memiliki sinkronisasi dengan iPhone, iPad, bahkan Apple Watch.

Lalu, kamu pun bisa menghias pesan dengan lebih kreatif. Apalagi bisa membuat Memoji dan mengirim stiker Memoji, juga mengirim foto, animasi GIF, dan video. Oya, kamu bisa pula mengirim pesan individu di dalam percakapan grup dengan fitur mention.

Peta

Apple juga memperbarui aplikasi Peta. Sekarang ada panduan dari dan untuk berbagai lokasi tujuan, seperti restoran, tujuan wisata, dll. Pada beberapa tempat tertentu juga akan ada peta dalam ruangan. Lalu, kamu juga bisa membuat rute untuk bersepeda atau memakai kendaraan listrik di aplikasi ini dan mengirimnya ke iPhone.

%d blogger menyukai ini: