Akhirnya Kita Bisa Cari Lagu Pakai Menyanyi Atau Bersiul di Google

Kamu pernah teringat irama lagu tapi tidak tahu judulnya dan penasaran? Hm, gampang kini kamu bisa cari lagu dengan bergumam, bersiul atau menyanyi di Google Search. Ya, akhirnya setelah sekian tahun, Google punya fitur yang sama dengan SoundHound. πŸ˜€

Google memang menambah banyak fitur baru di mesin pencarian mereka. Salah satu yang mereka umumkan adalah fitur pencarian musik ini. Tujuannya tentu saja mempermudah pengguna yang β€” seperti disebut di atas β€” tahu irama lagu, tapi tidak tahu lirik atau penyanyi atau informasi lainnya.

Lucunya, fitur ini sudah dimiliki aplikasi SoundHound sejak lama (dari jaman saya pakai Windows Phone). Saat itu, Shazam yang menjadi pesaing SoundHound juga belum memilikinya. Entah kenapa Google baru menerapkan pencarian seperti ini sekarang (dulu kalau tidak salah Cortana pun sudah bisa).

Anyway, kalau kamu mau mencoba mencari lagu dengan cara ini, sangat mudah.

Cara Cari Lagu Di Google Dengan Menyanyi

  1. Buka aplikasi Google atau gunakan widget Google Search.
  2. Tekan tombol mikrofon.
  3. Katakan “What’s this song?” atau tekan tombol “Telusuri lagu” (Search a song).
    • Untuk Google Assistant, katakan “Hey Google, apa judul lagu ini?” (Hey Google, what’s this song?)
  4. Dendangkan, siulkan, atau nyanyikan nada lagu tersebut selama sekiat 10-15 detik.
  5. Google akan memberikan pilihan hasilnya.
cari lagu di google

Google menyebutkan kalau fitur ini baru tersedia untuk bahasa Inggris di iOS dan untuk 20 bahasa di Android. Mereka akan menambahkannya lagi nanti.

Catatan:

Saya mencoba bertanya dalam bahasa Indonesia (“apa judul lagu ini?”) pada aplikasi Google dan widget Google Search di Android dengan sistem bahasa Indonesia, namun hanya mendapatkan hasil pencarian dari ucapan saya itu (bukan muncul fungsi pencarian lagu).

Tapi menggunakan tombol ‘Telusuri Lagu’ atau Google Assistant (dalam bahasa Indonesia) berhasil.

%d blogger menyukai ini: