Aplikasi WhatTheFont: Cari Nama Font Dengan Handphone

cari nama font dengan aplikasi what the font

Pernah lihat tulisan keren waktu jalan-jalan? Ingin tahu font apa itu? Tenang, kini kamu bisa cari nama font langsung dengan handphone. Gunakan saja aplikasi WhatTheFont.

Aplikasi WhatTheFont merupakan versi mobile dari fitur dengan nama sama di website MyFonts. Nama yang disebut terakhir merupakan situs untuk jual beli font. Bahkan salah satu yang paling besar.

Kalau di situs MyFonts kamu mengunggah screenshot dari kata yang ingin kamu cari nama font-nya, dengan aplikasi ini kamu memakai kamera handphone.

Lihat, potret, dan cari nama font!

Ya. Sangat sederhana. Sejak awal, aplikasi WhatTheFont langsung menunjukkan fungsinya.

Begitu kamu membuka aplikasi ini, kamera yang jadi fungsi utama langsung muncul. Penampilannya juga simpel. Layar kamera, tombol kamera, pilihan lampu flash, dan pilihan untuk menggunakan foto dari galeri.

cari nama font dengan handphone

Kemudian kamu tinggal memotret obyek yang ada tulisannya. Misalnya buku, kemasan, kaos, atau apa pun. Setelah itu, posisikan gambar sehingga kamu mudah untuk memotongnya (aplikasi juga akan menyarankan bidang yang ada tulisannya).

Kenapa? Karena kamu harus memotong pada kata atau kalimat yang ingin kamu cari nama font-nya. Kalau tulisan terlalu banyak dan dengan huruf berbeda, jelas patokannya tidak akan sama. Potong pada kata dengan huruf yang sama.

[irp posts=”43441″ name=”FontFace Ninja: Detektor Font Keren dan Mudah Digunakan”]

Setelah kamu memotong, kamu bisa upload gambar tersebut. Aplikasi WhatTheFont akan segera mencari jenis huruf tersebut. Hasilnya—akan muncul beberapa—akan segera muncul.

Kamu bisa tes font hasil temuan dengan ketikanmu sendiri. Uji apakah font yang ada sesuai dengan keinginan dan kebutuhanmu. Kemudian kamu bisa mengirim hasil tersebut ke teman (kalau ada yang tanya) atau kamu bisa membelinya (kalau butuh). Kalau itu font gratis, tentu beda lagi ceritanya.

Akurasi kurang menentu

Ya. Sayangnya dalam beberapa percobaan, hasil yang saya dapat kurang memuaskan. Ada yang mudah dan ada yang tidak berhasil.

Saat saya mencoba dengan buku The Lord of the Rings, aplikasi WhatTheFont bisa memberikan hasil yang sesuai. Paling tidak mirip.

Ironisnya, ketika saya coba memotret huruf dari blog UrbanDigital ini, aplikasi tidak bisa menemukan yang mirip. Supaya obyektif, saya menggunakan huruf dari Google Fonts di blog ini, bukan dari MyFonts. Ketika saya cari, huruf itu memang tidak tersedia di MyFonts.

Jadi, mungkin MyFonts memang memiliki begitu banyak koleksi font. Tapi kalau yang kamu cari tidak tersedia di sana, besar kemungkinan kamu akan kecewa dengan aplikasi ini.

[irp posts=”44647″ name=”Fontbase: Font Manager Gratis untuk Semua Komputer”]

Oya, satu lagi. Aplikasi ini juga belum bisa menyimpan font sebagai favorit atau wishlist. Cukup disayangkan.

Yah, walau secara keseluruhan menjanjikan, aplikasi WhatTheFont masih kurang fungsional. Di sisi lain, kalau kamu memang hobi tipografi, ya tidak ada salahnya juga memasang aplikasi ini. ????

[junkie-button url=”https://play.google.com/store/apps/details?id=com.monotype.whatthefont” style=”blue” size=”medium” type=”round” target=”_blank”] Download—Android [/junkie-button]  [junkie-button url=”https://itunes.apple.com/us/app/whatthefont/id304304134?mt=8″ style=”blue” size=”medium” type=”round” target=”_blank”] Download—iOS [/junkie-button]

[wp-review id=”45743″]

%d blogger menyukai ini: