Morphing Karambit: Versi Modern Senjata Tradisional

caswell morphing karambit
Anom Penulis

Sudah nonton film The Raid 2? Film itu berhasil mempopulerkan senjata asli Indonesia yang bernama karambit (kerambit). Nah, ada versi modern yang luar biasa keren. Sebutannya Morphing Karambit.

Karambit, atau kalau dengan logat Melayu: kerambit, merupakan senjata tradisional asli Minangkabau, Sumatra Barat, Indonesia. Senjata ini disebut terinspirasi dari cakar harimau. Seiring perdagangan jaman dulu, senjata pun ini tersebar di berbagai negara Asia Tenggara lain.

Di era modern, pisau asli Minangkabau ini tetap menarik perhatian. Terutama karena bentuk dan cara menggunakannya yang unik. Selain di film The Raid 2, ada beberapa film lain yang menampilkan senjata ini. Misalnya film Taken, film serial Fargo, Taboo, Hannibal, Arrow, dll. Bahkan di film Guardian of the Galaxy vol.2, Taserface mengancam Rocket Racoon dengan senjata yang mirip karambit.

Selain itu, pisau unik ini juga muncul di berbagai game. Kamu bisa menemukannya di Counter-Strike: Global Offensive, Call of Duty: Black Ops, dan Crossfire.

Morphing Karambit

Morphing Karambit adalah variasi senjata itu ke dalam bentuk yang lebih praktis seperti pisau lipat. Oleh karena itu disebut morphing. Hanya dengan dorongan jempol, karambit akan terbuka dari posisi terlipat.

Desainnya tetap mempertahankan bentuk asli. Namun melalui mekanika yang brilian, Joe Caswell membuatnya lebih praktis. Dengan bahan berkualitas dan penampilan canggih, tidak heran pisau ini mendapat banyak perhatian dari kolektor.

perubahan morphing karambit
Posisi terlipat dan terbuka

Saat artikel ini ditulis, pisau lipat ini masih menjalani kampanye di Kickstarter. Caswell memiliki target $23,000 dan sudah mendapatkan 270 dukungan senilai $138,000. Padahal masih ada 27 hari lagi sampai kampanye ini berakhir.

Morphing Karambit ini akan dilepas ke pasaran dengan harga sekitar $650. Untuk kampanye di Kickstarter, harganya mendapat diskon jadi sekitar $450 (paket dukungan terkecil). Rencananya, produk ini akan sampai di tangan konsumen pendukung pada bulan Oktober 2018.

Hm, sebagai orang Indonesia, sangat menarik melihat bagaimana senjata asli bisa populer dan digemari di luar negeri. Apalagi sampai ada yang memproduksi secara serius.

Memang di sini memiliki senjata tajam bukan hal biasa. Lalu mengubah bentuk tradisional menjadi modern pun mungkin bisa jadi kontroversi. Namun harus diakui, langkah seperti ini merupakan salah satu cara mewariskan peninggalan nenek moyang.

Harus kita akui juga, Morphing Karambit ini merupakan senjata yang keren. Ya kan?

    %d blogger menyukai ini: