CCPlayer: Player Video Berbagai Format

Anom Penulis

Pengguna Windows Phone yang hobi nonton film pasti sudah tahu aplikasi ini. Yak, CCPlayer adalah salah satu aplikasi player video di Windows Phone yang bisa diandalkan untuk memutar berbagai format video. Selain MoliPlayer tentunya.

CCPlayer bisa memainkan video dengan format MKV, FLV, AVI, ASF, MOV, dan tentu saja MP4. CCPlayer juga bisa menyertakan berbagai format subtitle (terjemahan) saat memutar video. Misalnya file SRT, SMI, SSA, atau ASS. Untuk audionya, di MKV mendukung AAC / FLAC / MP3 / PCM; dan di FLV mendukung AAC / MP3 / PCM.

Tampilannya memang lebih terlihat ‘polos’ kalau dibandingkan MoliPlayer. Fungsinya juga tidak selengkap MoliPlayer. Misalnya, tidak ada transfer melalui wifi atau tidak mendukung memainkan video streaming dari komputer kita. Ini agak repot untuk pengguna Windows Phone tanpa SD card yang juga menggunakan Mac (yang Windows Phone desktop app-nya kurang sip).

Tapi yang saya suka dari CCPlayer ini adalah dukungannya terhadap sistem file manager Windows Phone. Folder video bisa diakses dengan mudah. Hal tersebut di MoliPlayer, sejauh saya coba, belum terlihat. Bukan apa-apa, dengan folder video, film atau video lain bisa juga terlihat di XBOX Video. Pilihannya jadi lebih fleksibel. Itu saja.

Ada beberapa fitur menarik lain. CCPlayer mendukung memainkan video dari OneDrive. Bisa melakukan kontrol volume dengan swipe (atas-bawah), bisa mengatur keseimbangan speaker kiri dan kanan, bisa mengatur brightness video, mengatur kecepatan play, dan bisa zoom video (kalau nggak suka ada bar atas bawah warna hitam di video dengan tampilan wide). Pengaturan ukuran font subtitle juga mudah dilakukan.

Pengaturan yang ada di CCPlayer memang cukup lengkap dan memudahkan. Tidak hanya itu, kita juga bisa mengatur beberapa hal lain yang berhubungan dengan tampilan, seperti warna background dan warna subtitle. Lalu pengaturan lebih lanjut soal tampilan subtitle pun tersedia. Bahkan kita bisa meng-install font untuk subtitle-nya. Lucu.

CCPlayer sudah cukup populer di antara pengguna Windows Phone. Walau pun rating-nya beragam, rata-rata memberikan impresi yang baik. CCPlayer bisa didapat secara gratis (dengan iklan) atau berbayar (tanpa iklan). Karena mendukung sistem file manager Windows Phone, maka aplikasi ini bekerja di Windows Phone 8.1.

    %d blogger menyukai ini: