Cara Cek Aktivasi Windows Dan Menghubungkan dengan Akun Microsoft

Anom Penulis

Salah satu pertanyaan yang sering muncul bagi pengguna Windows adalah bagaimana cek aktivasi. Kalau kamu punya masalah seperti itu, mungkin kamu bisa cek akun Microsoft-mu. Karena bisa jadi, aktivasi dan Lisensi Digital (Digital License) Windows itu terikat dengan akun Microsoft milikmu.

Tapi sebelum melangkah lebih jauh, kamu harus tahu lebih dulu bagaimana kamu mendapatkan sistem operasi Windows di laptopmu. Karena hal itu akan menentukan apakah kamu melakukan aktivasi Windows melalui Digital License atau Product Key.

Beda Digital License dan Product Key

Apa itu Digital License dan Product Key? Apa bedanya?

Digital License Windows

Digital License merupakan metode aktivasi Windows secara digital tanpa memerlukan Product Key. Biasanya lisensi ini terikat dengan akun Microsoft. Jika belum, kamu pun bisa menghubungkannya dengan akun Microsoft.

Kenapa Digital License penting dihubungkan dengan akun Microsoft? Karena jika kamu sudah menghubungkannya, kamu bisa melakukan aktivasi ulang (re-activation) jika kamu harus melakukan instalasi ulang atau jika ada perubahan pada perangkatmu hanya dengan masuk ke akun Microsoft.

Digital License biasanya akan kamu dapatkan jika kamu upgrade Windows (misalnya dari Windows 10 ke 11), pembelian online dari Microsoft Store, atau melalui keanggotaan Windows Insider. Tapi jika kamu beli laptop baru dengan Windows resmi di dalamnya, kamu juga bisa menghubungkan akun Microsoft untuk mendapatkan lisensi digital tersebut.

Product Key

Product Key adalah 25 kode digit unik yang dipakai untuk melakukan aktivasi Windows. Product Key biasanya akan kamu dapatkan kalau kamu membeli Windows secara terpisah atau pembelian komputer dari penjual resmi.

Untuk mengetahui lebih jauh, kamu bisa membaca tips mencari Product Key Windows.

Cek Aktivasi Windows di Komputer

Nah, bagaimana mengetahui aktivasi Windows di komputer?

  • Untuk Windows 11, klik tombol Start (tombol ), lalu klik Setting > Activation.
  • Untuk Windows 10, klik tombol Start (tombol ), lalu klik Settings > Update & Security > Activation.

Kamu bisa melihat jenis aktivasi Windows di sana. Biasanya, aktivasi itu berupa:

  • Windows is activated — Windows sudah diaktivasi tapi belum terhubung dengan akun Microsoft.
  • Windows is activated with a digital license — Windows sudah diaktivasi tapi belum terhubung dengan akun Microsoft.
  • Windows is activated with a digital license linked to your Microsoft account — Windows sudah diaktivasi dan terhubung dengan akun Microsoft.
  • Windows is not activated — Windows belum diaktivasi. Kamu mungkin harus membeli lisensi Windows. Akan ada pemberitahuan soal masalah ini.
halaman setting aktivasi windows 11

Menghubungkan Digital License dengan Akun Microsoft

Ada tiga hal penting yang harus diketahui dalam menghubungkan Lisensi Digital dengan akun Microsoft.

  • Kamu menjadi Administrator di komputermu. Kamu bisa mengetahuinya dengan klik tombol Start (tombol ), lalu klik Setting > Account > Your Info. Jika kamu Administrator, kamu akan melihat keterangan itu di bawah namamu.
  • Jika kamu juga melihat alamat email di atas Administrator, email itu merupakan akun Microsoft-mu. Jika tidak ada, kamu harus memasukkannya kalau sudah punya atau membuat akun kalau belum.
  • Jika kedua hal di atas sudah terpenuhi, silakan buka halaman aktivasi, pilih ‘Add an account’ lalu masukkan alamat email dan password. Kemudian klik ‘Sign in’.

Jika hal itu sudah kamu lakukan, seharusnya di halaman Aktivasi, kamu akan melihat pesan: Windows is activated with a digital license linked to your Microsoft account.

Pastikan Hak Kalian

Nah, jadi kalau kamu membeli desktop atau laptop Windows baru, silakan login dengan akun Microsoft. Karena hal itu akan menjamin aktivasi Windows kalian. Kamu pun mendapatkan hak kepemilikan sistem operasi ini yang datang bersama laptop.

Nah, silakan cek Windows di komputer kalian.

    %d blogger menyukai ini: