Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Mencari Product Key Windows 10 Dengan Mudah dan Praktis

windows 10 enter product key
Last updated:

Mendapat kendala atau kehilangan product key komputermu? Tenang, di sini kamu akan membahas cara mencari product key Windows 10 dan juga Windows 11.

Sebelum membahas lebih jauh, mungkin ada baiknya kamu mengenal dulu soal product key. Supaya lebih jelas dan memudahkan langkah-langkah kemudian.

Soal Aktivasi Windows

Microsoft menyediakan sistem operasi Windows baik sudah terpasang di komputer (bekerja sama dengan merek bersangkutan) atau menjualnya baik secara fisik dan digital. Product key merupakan salah satu elemen penting yang berhubungan dengan aktivasi sistem operasi Windows tersebut.

Apa itu Product Key?

Product key Windows adalah kumpulan 25 kode digit unik yang digunakan untuk melakukan aktivasi sistem operasi di komputer kalian. Selain itu, product key juga berfungsi untuk membedakan PC satu dengan yang lain.

product key windows 10 input

Secara umum, kamu bisa menemukan product key di kemasan. Baik itu kemasan laptop atau di kotak kemasan CD. Selain itu, kalau kamu membeli Windows secara digital, kamu juga bisa menemukannya dalam email konfirmasi pembelian.

Biasanya, kode digit ini hanya bisa berlaku dalam satu PC saja. Namun bisa saja dengan beberapa pengecualian, satu product key bisa digunakan di beberapa PC.

Aktivasi dengan Product Key

Proses aktivasi akan berjalan ketika kamu membeli komputer baru atau ketika kamu melakukan instalasi ulang secara menyeluruh.

Saat melakukan instalasi Windows, kamu akan diminta untuk memasukkan kode unik tersebut. Namun Kamu juga bisa memasukkan product key setelah instalasi, yaitu melalui: Setting > Update & Security > Activation > Update product key > Change product key.

Cara Aktivasi Lain

Selain product key, Microsoft juga menyediakan cara lain untuk aktivasi, yaitu dengan lisensi digital. Lisensi digital biasanya tersedia untuk kamu yang upgrade dari Windows versi lama ke baru (seperti Windows 7 atau Windows 8.1 ke 10, atau versi 10 ke 11), upgrade ke versi Pro, atau beli secara online di Microsoft Store.

Baca Juga:  Aplikasi Intel Unison Jadi Jembatan Penghubung antara PC & HP

Lisensi digital terikat dengan akun Microsoft milikmu. Jadi kamu tidak akan menemukannya di PC (kecuali kalau kamu sudah login dengan akun Microsoft dan terhubung ke internet).

Cara Mencari Product Key Windows

Lalu bagaimana melihat product key kalau kotak kemasan sudah tidak ada atau kalau kamu upgrade dari versi Windows sebelumnya? Ada beberapa cara yang bisa kalian tempuh, baik sesuai dengan kondisi berbeda atau dengan cara berbeda.

Melihat Product Key Windows Untuk Pembelian Fisik

Untuk permasalahan dengan pembelian fisik (dengan kotak pembelian), cara mengetahuinya adalah:

  1. Pilih tombol search yang ada di desktop bar (sebelah tombol Start),
  2. Kemudian ketik Activation. 
  3. Setelah menu Activation tampil, kalian bisa melihat deretan kode angka pada keterangan product key. Di situlah letaknya.

Melihat Product Key Dari Update Gratis Windows

Nah, bagaimana jika Windows 10 yang kita gunakan saat ini adalah hasil update gratis dari Windows 8.1 atau Windows 7? Bagaimana kalau update dari Windows 10 ke Windows 11? Tentunya cara seperti di atas tidak bisa kita lakukan.

Karena misalnya jika Windows 10 yang kita gunakan dari promo update gratis Microsoft, maka pada keterangan product key akan tertulis “Windows 10 on this device is activated with a digital entitlement.” 

Untuk itu, kita perlu cara mencari product keys Windows lainnya. Kali ini, kita menggunakan aplikasi khusus.

Dengan Aplikasi Magical Jelly Bean

Untuk melihat product key dari Windows 10 yang memiliki lisensi digital, kita bisa memakai aplikasi KeyFinder.

Cara mencari product key Windows dengan KeyFinder:

  1. Pastikan kalian unduh program KeyFinder di laman resminya (klik disini).
  2. Install program tersebut, dan tunggu sampai selesai. Instalasi seharusnya tidak memakan waktu lama, pengalaman saya, tidak lebih dari 5 menit agar program ini terpasang di laptop.
  3. Setelah selesai, jalankan program tersebut, dan… 
  4. Voila! product key Windows kalian sudah terlihat.

Sebagai langkah pengamanan, simpan data tersebut. Pilih File > Save AsSimpan di OneDrive agar kita bisa mengaksesnya tanpa takut bahwa suatu saat PC yang kita gunakan tiba-tiba bermasalah atau kalian ingin melakukan hard reset.

Dengan Aplikasi EaseUS Key Finder

EaseUS Key Finder bisa menjadi pilihan lain cara mencari product key Windows dengan aplikasi. Aplikasi ini bekerja baik untuk Windows 7, 8, 10, dan juga Windows 11.

Baca Juga:  Penyebab dan Cara Membetulkan Ikon Start Menu Hilang Windows

Selain itu, aplikasi ini juga bisa memberi informasi lisensi aplikasi, seperti Adobe dan Microsoft Office.

gambar cara mencari product key windows dengan aplikasi

Di samping memberi informasi lisensi produk di atas, aplikasi ini juga bisa memberi tahu password WiFi apa saja yang pernah terhubung dengan laptopmu.

Untuk bisa menikmati fitur yang banyak itu, kamu perlu membeli aplikasi EaseUS Key Finder dengan harga $19.95. Kalau ingin tahu, silakan kunjungi situs EaseUS Key Finder.

Pilihan Terbaik

Urian di atas sudah menyebutkan beberapa cara mencari product key Windows. Lalu, cara apa yang paling praktis?

Kalau kamu perhatikan dari pemaparan di atas, maka cara terbaik untuk mengamankan kepemilikan Windows di komputer kalian adalah dengan masuk ke akun Microsoft.

Dengan begitu, selama kalian menggunakan akun Microsoft, kalian tetap punya hak atas pemakaian Windows di perangkat bersangkutan.

Hal ini juga berlaku jika kamu mendapatkan aplikasi Microsoft Office. Kalau lisensi terikat dengan akun Microsoft, kemungkinan besar kamu akan tetap bisa memakainya selama kamu login.

Beberapa Pertanyaan Yang Sering Muncul

Apakah Windows 10 gratis selamanya?

Jika kamu membeli komputer dengan Windows 10 atau melakukan upgrade dari versi sebelumnya, kamu akan memiliki Windows 10 selamanya. Termasuk update yang tersedia berikutnya jika perangkat mendukung.

Apakah Windows 10 perlu diaktivasi?

Ya, tentu saja. Karena itu merupakan hak kepemilikianmu jika kamu membelinya. Dengan begitu, jika kamu melakukan install ulang, kamu masih bisa tetap mendapatkannya kembali.

Apa yang terjadi jika tidak mengaktifkan Windows?

Jika kamu tidak mengaktifkan Windows, maka opsi personalisasi akan dinonaktifkan, pembaruan Windows tidak akan berjalan, dan akan ada tulisan “Windows is not activated” yang terus muncul.

Kesimpulan

Kini kamu sudah tahu lebih dalam soal aktivasi dan cara mencari product key Windows. Jadi, kalau kamu beli laptop baru, perhatikan baik-baik soal product key atau lisensi Windows ya. Karena itu adalah hak milikmu.