Apakah Akun Email Milikmu Masih Tetap Aman?

keamanan akun email

Akun email merupakan salah satu identitas kita di internet. Banyak akun lain, seperti media sosial, terikat dengannya. Pertanyaannya, apakah akun email milikmu masih tetap aman?

Bukan rahasia lagi kalau sering terjadi pembobolan keamanan di berbagai situs dan layanan. Bahkan perusahaan sekelas Adobe pun pernah mengalaminya. Ini menjadi bukti kalau berbagai akun masih terhitung rentan.

Nah, ingatkah kamu kapan terakhir kali kamu mengganti password email? Kalau kamu mendengar berita tentang bobolnya keamanan sebuah situs atau layanan yang kamu pakai, sudah seharusnya kamu segera memperbarui password email tersebut.

Namun, kita cukup jarang mengetahui berita seperti ini. Lalu, bagaimana cara melakukan cek apakah akun email kita masuk dalam daftar pembobolan itu atau tidak?

Cek Melalui Layanan Online

Kamu bisa melakukan cek apakah email-mu masuk dalam daftar data yang diambil atau tidak melalui beberapa situs tertentu.

Beberapa situs ini akan menunjukkan layanan apa saja yang dibobol dan memiliki integrasi dengan akun email bersangkutan. Pada umumnya mereka tidak menyimpan alamat email yang kamu masukkan.

Layanan itu adalah:

  1. Have I Been Pwned (HIBP) — Layanan populer yang juga dipakai oleh Firefox Monitor.
  2. Breach Alarm — Sejenis dengan HIBP.
  3. Dehashed — Layanan ini tidak hanya melakukan cek email, tapi juga beberapa informasi lain.

Cek Aktivitas Masuk Email

Biasanya, setiap kamu menggunakan akun email melalui perangkat baru, kamu akan menerima pemberitahuan. Termasuk konfirmasi apakah yang masuk itu kamu atau bukan. Misalnya ketika kamu masuk akun Google. Perhatikan perangkat dan lokasi dari mana aktivitas itu berlangsung.

Selain itu, kamu juga bisa melihat daftar aktivitas masuk terakhir melalui bagian “Last Account Activity” di tiap akun email. Di sana kamu bisa memeriksa tiap aktivitas yang pernah ada.

Biasanya halaman ini ada di bagian keamanan email.

  1. Gmail — https://myaccount.google.com/security
  2. Microsoft Outlook — https://account.microsoft.com/security
  3. Yahoo — https://login.yahoo.com/account/activity

Langkah Pencegahan

Sebagai langkah pengamanan lebih jauh, kamu bisa cek aplikasi apa saja yang menggunakan akun email milikmu. Terutama ketika kamu melihat di layanan online (poin pertama) kalau aplikasi yang bersangkutan pernah bobol. Kami pernah menulis artikel bagaimana mencabut integrasi aplikasi dari berbagai akun online. Silakan baca dan periksa akunmu.

Lalu, ada baiknya kamu mempertimbangkan menggunakan aplikasi password manager dan otentikasi 2 langkah (2FA). Dengan begitu, siapapun yang mendapat akun email-mu, tetap tidak mudah masuk begitu saja.