Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

6 CEO Perusahaan Teknologi Terburuk Sepanjang Masa

Indri Penulis

CEO (Chief Executive Officer), atau dikenal sebagai pemimpian perusahaan. CEO kerap dikenal dengan kepiawaiannya dalam memimpin sebuah perusahaan.

Selain itu, CEO juga dikenal dapat membawa perusahaan yang dia pimpin menjadi semakin maju, terdepan dalam inovasi teknologi, serta bisa mendapat keuntungan besar dari berbagai produk yang dihasilkan.

popculture.id

Beberapa CEO paling terkenal di dunia seperti Bill Gates, Steve Jobs, Jack Ma, atau Lynsi Snyder telah menjadi CEO sekaligus milyuder di usia yang baru 35 tahun.

Namun dari banyaknya CEO yang sukses memimpin perusahaan, tidak sedikit pula CEO yang dikenal paling buruk sepanjang masa. Tidak tanggung-tanggung, beberapa dari mereka bahkan sampai membuat perusahaan yang ia pimpin menjadi bangkrut.

Berikut telah kami rangkum 6 CEO yang dikenal paling buruk sepanjang masa:

Martin Winterkorn – Volkswagen

Sumber Gambar : Global Handels Blatt

Mungkin kalian pernah mendengar, perihal kecurangan produsen mobil dari Jerman Volkswagen (VW). Perusahaan tersebut tertangkap basah saat memalsukan data emisi gas buang.

Dan Martin Winterkon merupakan orang yang bertanggung jawab atas peristiwa tersebut. Pria tersebut telah memasukkan sebuah software khusus.

Software ini dapat memanipulasi data emisi gas buang, menjadi lebih kecil dan mobil keluaran VW dapat dianggap lebih ramah lingkungan.

Tidak tanggung-tanggung, kecurangan yang dilakukan oleh Martin Winterkon telah dia lakukan pada 11 juta lebih, mobil VW di seluruh dunia.

Marissa Mayer – Yahoo

Sumber Gambar : Variety

Tumblr merupakan salah satu proyek sukses yang dibuat oleh Marissa Mayer. Bahkan hingga saat ini, Tumblr masih menjadi penghasil keuntungan untuk Yahoo.

Walaupun begitu, Marissa Mayer tetap tidak dapat disebut sebagai penyelamat Yahoo. Bahkan saat ini Yahoo terpaksa menutup banyak lini produknya.

Walaupun pada akhirnya, Marissa Mayer mengundurkan diri dari Yahoo, namun karena kecerobohannya membeli banyak perusahaan untuk Yahoo, senilai 3 Milyar dolar akan tetap dikenal sebagai kegagalan paling besar dalam hidupnya.

Stephen Elop – Nokia

Sumber Gambar : The Verge

Mungkin selama ini banyak orang, penasaran dengan sosok yang bertanggung jawab atas runtuhnya kejayaan Nokia. Orang tersebut telah memaksa Nokia untuk merilis ponsel, hanya terbatas dan menggunakan sistem operasi Windows Phone.

Orang tersebut adalah Stephen Elop. Setelah runtuhnya kejayaan Nokia sejak dipegang olehnya, menjadikan Nokia harus memulai dari nol, untuk dapat menjadi penguasa pasar ponsel di dunia.

[irp posts=”54411″ name=”Sempat Berjaya, 5 Perusahaan Teknologi Besar Ini Diambang Kehancuran”]

John Sculley – Apple

Sumber Gambar : YouTube

Beberapa waktu, dunia pernah dihebohkan dengan kasus pemecatan Steven Jobs dari Apple. Orang yang melakukan hal tersebut adalah John Sculler.

Sebenarnya, Steve Jobs adalah orang yang mempekerjakan John Sculle, untuk membantu penjualan Apple Macintosh. Namun pada saat Apple diujung tombak, Sculley justru memecat Jobs dari posisinya.

Tidak berselang lama, karma pun akhirnya berlaku pada pria tersebut. Tepatnya, pada tahun 1993, Sculley akhirnya dipecat dari posisi CEO. Hal ini dilakukan karena Apple tidak mendapat profit, dan justru terancam bangkrut.

Evan Spiegel – Snapchat

Sumber Gambar : Medium

Walaupun sampai saat ini Snapchat belum hengkang dari media sosial, namun media sosial tersebut masih diperbincangkan banyak kalangan.

Hal ini bukan tanpa sebab, mengingat saham yang dimiliki oleh Snapchat merugi hingga USD 3,4 miliar (Rp 46,4 triliun). Kejadian tersebut telah berlangsung sejak tahun 2017.

Sampai saat ini, kondisi saham Snapchat tidak kunjung membaik. Snapchat justru masih terlihat kesulitan dalam mengembalikan nilai saham, serta mengalahkan media sosial besar seperti Facebook, Twitter maupun Instagram.

Nick Woodman – GoPro

Sumber Gambar : Courier Mail

Kontroversi GoPro memang pernah membuat gempar dunia. Sempat digaji hanya 1 dolar (13 ribu) di awal Januari 2018, hingga membuat GoPro versi murah untuk menyelamatkan perusahaan.

Semua hal itu tidak lantas membuat perusahaan yang dipimpin Nick Woodman bangkit. Bahkan sampai saat ini, belum ada kejelasan mengenai produk terbaru GoPro yang kembali dinantikan masyarakat.

Itulah 6 CEO perusahaan teknologi yang dikenal paling buruk sepanjang masa. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

    %d blogger menyukai ini: