Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Mulai Tahun Depan, Charger Ponsel OPPO akan Dijual Secara Terpisah

Indri Penulis

OPPO rencananya akan berhenti mengirimkan charger satu box dengan beberapa ponlseny. Itu artinya, charger ponsel OPPO akan dijual terpisah.

Kabar ini diumumkan OPPO selama acara peluncuran OPPO Reno 8 Series di Eropa. Billy Zhang, wakil presiden penjualan dan layanan luar negeri OPPO, adalah yang menyampaikan strategi baru itu.

popculture.id

Kami akan mengeluarkan charger dari kotaknya mulai tahun depan untuk beberapa produk,” kata Billy.

Strategi ini dinilai masuk akal. Mengingat OPPO selama ini telah berhasil membangun teknologi pengisian dayanya sendiri. Mulai dari VOOC dan SuperVOOC, teknologi-teknologi tersebut menawarkan kecepatan pengisian daya ponsel yang sangat gila.

Selain itu, selama ini OPPO telah menyertakan adaptor charger berkecepatan tinggi ke banyak ponselnya. Ini membuat ponsel-ponsel OPPO bisa mengisi daya lebih cepat dan efisien.

Billy Zhang menambahkan kalau selama ini pelanggan OPPO kesulitan mendapatkan charger SuperVOOC. Itulah alasan OPPO masih menyertakan charger SuperVOOC jadi satu dengan box ponsel.

Tapi semakin ke sini, OPPO ingin memperluas bisnisnya. Makanya mereka berencana memisahkan charger dari box-nya. Kemudian OPPO akan menjual charger secara terpisah di toko. Dengan begitu, semua konsumen bisa membeli charger, dan bisa tetap memakainya walaupun sudah ganti ponsel model baru.

Sayangnya, Billy Zhang tidak memaparkan apa saja ponsel yang akan hadir tanda charger tahun depan. Tapi yang jelas, kemungkinan besar strategi ini akan dilakukan OPPO pada calon ponsel barunya yang rilis tahun depan.

Di sisi lain, OPPO akhirnya ikut-ikutan perusahaan lain yang menjual charger-nya secara terpisah. Apple salah satu contohnya. Mereka adalah perusahaan yang pertama kali menciptakan tren ini. Apple pertama kali mengumumkan rencana ini pada peluncuran iPhone 12.

Salah satu alasan kenapa Apple menciptakan strategi ini adalah karena masalah lingkungan. Waktu itu Apple mengatakan:

Charger menggunakan bahan tertentu dalam jumlah besar. Menggunakan kemasan lebih kecil dan ringan bisa membantu kami mengurangi lebih banyak jejak karbon. Menghilangkan adaptor daya dari kemasan perangkat memungkinkan kita menghindari lebih dari 2 juta metrik ton emisi karbon. Hal ini setara dengan menghilangkan 500.000 mobil dari jalan selama setahun.

Nah karena mulai tahun depan charger ponsel OPPO dijual terpisah, kira-kira gimana reaksi para pelanggan ya? Bakal menuai pro dan kontra nggak tuh? Hm… Kita tinggal tunggu saja nanti.

    %d blogger menyukai ini: