Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Ada Konflik Internal! Samsung Galaxy S23 Series Pakai Chipset Exynos

Indri Penulis

Samsung tengah alami konflik internal. Diduga karena konflik ini, ada kemungkinan jika Samsung Galaxy S23 Series akan pakai chipset Exynos.

Penggemar ponsel Samsung tentu sudah tahu gimana ambisi Samsung untuk menjadi produsen chipset mengalahkan Qualcomm. Hal ini dibuktikan dengan kerja keras Samsung dalam mengembangkan chipset Exynos.

popculture.id

Selama beberapa tahun terakhir, Samsung telah berhasil mendebutkan beberapa seri chipset Exynos. Ada chipset yang diperuntukkan untuk ponsel kelas menengah ke bawah, dan ada juga chipset yang diperuntukkan untuk ponsel kelas atas.

Chipset Exynos 2200 adalah salah satu contohnya. Chipset flagship ini dipakai untuk mentenagai Samsung Galaxy S22 Series di wilayah tertentu. Sayangnya, nggak sedikit pengguna dan bahkan orang internal Samsung yang kecewa dengan performa Exynos 2022.

Karena itulah muncul rumor yang menyebutkan bahwa Samsung Galaxy S23 Series akan pakai chipset Qualcomm. Bukan Exynos seperti pendahulunya. Namun siapa sangka, hal tersebut justru menimbulkan konflik internal di kubu Samsung itu sendiri.

Menurut Ice Universe, divisi Samsung MX (Mobile eXperience) benar-benar kecewa dengan kinerja chpset Exynos di Samsung Galaxy S22 Series. Tapi di sisi lain, para petinggi Samsung masih ingin Samsung Galaxy S23 Series tetap ditenagai oleh penerus Exynos 2200, yakni Exynos 2300 bikinan Samsung Semiconductors.

Fyi, saat ini sekitar 70% ponsel Samsung Galaxy S22 ditenagai oleh Exynos 2200, dan dikirimkan ke wilayah Korea dan Eropa. Ponsel Samsung Galaxy S22 dengan Snapdragon 8 Gen 1 dijual di Amerika, Korea Selatan, Cina, Jepang, dan India. Sedangkan Asia Tenggara mendapat campuran keduanya.

Selama ini chipset Exynos 2200 dan Snapdragon 8 Gen 1 sama-sama dibangun menggunakan proses 4nm. Walaupun Exynos 2200 punya GPU yang lebih kuat, tapi CPU dari chipset Qualcomm masih tetap yang lebih cepat.

Sementara itu masih ada waktu beberapa bulan sebelum peluncuran Samsung Galaxy S23 Series. Samsung juga belum resmi mengumumkan chipset Exynos 2300. Mungkin saat nanti chipset tersebut resmi diumumkan, kita akan mendapatkan bocoran resmi dari Samsung apakah chipset tersebut akan mentenagai ponsel flagship mereka atau tidak.

    %d blogger menyukai ini: