MediaTek Umumkan Dua Chipset Gaming untuk Ponsel Entry-level

MediaTek resmi mengumumkan dua chipset gaming barunya. Chipset ini adalah MediaTek Helio G25 dan G35 yang bakal menyasar ponsel entry-level.

MediaTek menjadi salah satu produsen chipset ternama di dunia, selain Qualcomm. Sama seperti pesaingnya, perusahaan ini juga telah banyak menghasilkan chipset-chipset berkualitas.

Baru-baru ini, MediaTek mengumumkan chipset barunya dari seri G. Ada dua chipset gaming yang diumumkan, yakni MediaTek Helio G25 dan G35.

Chipset Gaming MediaTek Helio G25 dan G35

Helio G25 dan G35 resmi bergabung ke jajaran seri G MediaTek. Sebelumnya di seri G, MediaTek punya Helio G90, G85, G80 dan G70.

Ada yang menarik dari chipset gaming ini. Tidak seperti chipset gaming lain yang menyasar ponsel flagship atau mid-range, Helio G25 dan G35 dirancang khusus untuk smartphone entry-level.

Sumber Gambar : Android Police

Walau menyasar entry-level, tapi MediaTek mengklaim kalau G25 dan G35 tidak bisa dianggap remeh. Dua chipset ini mampu menawarkan performa gaming lebih cepat meski dalam ponsel murah.

G25 dan G35 hadir dengan 8-core Cortex A53, dengan kecepatan clock max yang berbeda. G25 punya kecepatan clock max 2GHz, sedangkan G35 lebih canggih yakni mencapai 2.3GHz.

Kedua chipset ini memakai GPU IMG PowerVR GE8329 dengan kecepatan clock yang sedikit berbeda. Yakni 680MHz untuk Helio G35, dan 650MHz untuk Helio G25.

Tidak hanya itu, kedua chipset gaming ini juga mendukung penyimpanan eMMC 5.1, dual-band Wi-Fi 5, dan Bluetooth 5. Semuanya chipset diproduksi dengan arsitektur 12nm.

Soal resolusi tampilan maksimum, dua chipset ini punya perbedaan. G35 mendukung sampai Full HD+ 2400×1080 piksel. Sementara G25 hanya mampu mencapai resolusi 1600×720 piksel.

G35 bisa memakai kamera utama resolusi tinggi, dan punya fitur kamera tambahan seperti software simulasi bokeh. Oya, G35 dan G25 juga bisa berbagi dukungan untuk konfigurasi multi-kamera sampai 13MP + 8MP lho.

Beralih ke masalah konektivitas. Karena menyasar ponsel entry-level, jadi jangan berharap kalau chipset ini bakal mendukung 5G. Sebagai gantinya, kedua chipset ini punya model LTE ‘WorldMode’ dengan dukungan dual SIM dan VoLTE / ViLTE.

MediaTek belum mengumumkan kapan tanggal peluncuran chipset ini. Tapi dikutip dari Android Police, chipset ini bakal datang bersama smartphone entry-level baru beberapa bulan lagi.

%d blogger menyukai ini: