GAWAT! Rumor Snapdragon 875 Bakal Buat Harga Ponsel Makin Mahal

Qualcomm sekarang tengah mengembangkan chipset Snapdragon 875. Dari rumor yang beredar, harga Snapdragon 875 bakal sangat mahal. Waduh, semahal apa sih?

Qualcomm adalah salah satu produsen chipset terkemuka di dunia. Perusahaan ini telah menelurkan banyak chipset berbagai varian. Mulai chipset murah sampai yang paling mahal sekali pun.

Bicara soal chipset Qualcomm yang paling mahal, mungkin saat ini masih dipegang oleh Snapdragon 865. Chipset ini telah dipakai oleh banyak smartphone flagship.

Tapi tunggu dulu. Sepertinya Snapdragon 865 sebentar lagi bakal tergantikan oleh Snapdragon 875. Bukan cuma soal performanya, tapi juga harganya.

Rumor Snapdragon 875 Super Mahal

Kabar kalau Qualcomm tengah mengembangkan Snapdragon 875 telah lama berhembus. Tapi rumor-rumor sebelumnya belum ada yang membahas harga chipset yang satu ini.

Baru-baru ini, akun Twitter @Kuma_Sleepy membeberkan rumor soal harga chipset ini. Akun tersebut mengutip postingan dari situs Clien.

Dalam postingan itu, tertulis kalau harga chipset Snapdragon 875 rumornya naik menjadi $250. Wah, mahal juga ya.

Bagaimana tidak mahal, harga chip-nya sendiri saja sudah menembus $130. Tapi harga $250 itu sudah termasuk paket all-in-one (modem, GPU, dll).

Harga Snapdragon 875 jelas berbeda jauh dengan pendahulunya, Snapdragon 865.  Snapdragon 865 dibanderol dengan harga $150 (harga chip-nya sendiri cuma $80).

Ada kabar kalau Xiaomi bakal memakai chipset ini ke ponsel flagship terbarunya. Tapi rumor lain mengatakan kalau perusahaan masih mempertimbangkan pemakaian chipset ini.

Ya kalian tahu, ponsel-ponsel Xiaomi selalu hadir dengan harga murah di kelasnya. Meskipun mereka mendebutkan ponsel flagship, tapi harganya rata-rata masih di bawah pesaingnya.

Nah, kalau Xiaomi memakai Snapdragon 875 ke ponsel flagship-nya, jelas harganya tidak akan murah lagi. Justru yang ada, harga smartphone Xiaomi bakal mahal.

Walau kelihatannya mahal, tapi harga asli Snapdragon 875 masih belum ditetapkan. Bisa jadi chipset ini bakal punya harga sama seperti rumornya, lebih murah, atau bahkan lebih mahal. Hanya Qualcomm yang tahu.

Bisakah Snapdragon 875 Bertahan dengan Harga Selangit?

Kira-kira, bisakah Snapdragon 875 bertahan dengan harga yang katanya ‘selangit?’ Apalagi sekarang produsen-produsen smartphone mulai memproduksi chipset mereka sendiri.

Selama bertahun-tahun OEM selalu bergantung dengan produsen chipset. Tapi semakin ke sini, produsen-produsen smartphone mulai takut bergantung dengan produsen chipset.

Hasilnya, beberapa produsen smartphone sudah mengembangkan chipset mereka sendiri. Samsung contohnya. Perusahaan ini terus mengembangkan chipset Exynos. Bahkan chipset ini tidak kalah dengan Snapdragon atau MediaTek lho.

Google juga ikut-ikutan membuat chipset sendiri. Beberapa waktu lalu, perusahaan ini dikabarkan tengah menyiapkan chipset untuk Pixel dan Chromebook.

Produsen smartphone sendiri mungkin memang bakal pikir-pikir untuk memakai Snapdragon 875. Bagaimanapun juga, mereka harus menyesuaikan harga ponsel dengan konsumen.

Mungkin bisa jadi produsen smartphone bakal memakai chipset buatan mereka sendiri, dibanding Snapdragon 875. Alasannya, agar mereka bisa tetap mengontrol harga smartphone nantinya.

%d blogger menyukai ini: