Qualcomm Umumkan Chipset Baru FastConnect 6900 dan 6700

Qualcomm resmi memperkenalkan dua chipset anyar mereka, FastConnect 6900 dan 6700. Kedua chipset ini bakal mendukung Wi-Fi 6E lho.

Awal tahun 2020 lalu, lembaga FCC telah mengumumkan Wi-Fi generasi baru, yakni Wi-Fi 6E. Wi-Fi ini telah memakai band 6GHz.

Karena masih baru, sampai sekarang masih belum ada chipset yang mendukung Wi-Fi 6E. Namun Qualcomm berhasil mencetak rekor baru. Perusahaan berhasil menelurkan chipset yang mendukung Wi-Fi 6E.

Lewat chipset FastConnect 6900 dan 6700, Qualcomm siap mencetak sejarah baru. Lalu apa saja yang ditawarkan oleh kedua chipset ini?

Fitur yang Dimiliki FastConnect 6900 dan 6700

Buat kalian yang belum tahu, Wi-Fi 6E bisa memakai spektrum hampir 1.200MHz. Itu artinya, Wi-Fi 6E mengalami peningkatan signifikan dibanding pandahulunya.

Sumber Gambar : GSMArena

Karena memakai spektrum lebih banyak, Wi-Fi 6E bisa menampung tujuh saluran 160 MHz. Berbeda dengan pendahulunya (masih pakai band 5GHz) yang hanya memiliki dua ruang saluran.

Sementara itu, FastConnect 6900 mendukung Dual Band Simultan (DBS) 4-stream (2×2 + 2×2). Itu artinya, chipset ini dapat menggabungkan koneksi 2×2 6GHz dan 2×2 5GHz.

Gabungan dari dua koneksi di atas bakal menghasilkan kecepatan maksimal 3,6 Gbps, yang cocok untuk jaringan 5G. Sedangkan FastConnect 6700 juga mendukung DBS. Tapi chipset ini hanya mencapai kecepatan maksimal 2,9 Gbps.

Sumber Gambar : GSMArena

Di chipset ini, Qualcomm tidak hanya menawarkan kecepatan super tinggi. Lewat Wi-Fi 6E, perusahaan juga menjanjikan koneksi dengan latensi super rendah.

Saking rendahnya latensi yang dimiliki, chipset ini bakal cocok untuk aplikasi AR dan VR nirkabel. Hal ini karena pita 6GHz bebas dari gangguan, dan sebagian lagi berkat teknologi yang dikembangkan Qualcomm.

Di sisi lain, chipset FastConnect juga menjanjikan peningkatan kinerja Bluetooth 5.2. Kedua chipset telah mendukung konfigurasi Dual Bluetooth Antenna yang dapat meningkatkan kecepatan.

Sumber Gambar : GSMArena

Qualcomm bakal mengirimkan sampel kedua chipset ke produsen akhir tahun 2020. Harapannya, chipset ini bisa dipakai untuk smartphone yang rilis tahun 2021 nanti.

Sementara itu, Qualcomm beberapa waktu lalu juga sempat mengumumkan chipset gaming Snapdragon 768G. Chipset ini debut sebagai penerus Snapdragon 765G dan bakal dipakai untuk ponsel segmen mid-range.

%d blogger menyukai ini: