Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Chipset Samsung x GPU AMD “Exynos 2200” Bakal Dukung Ray Tracing

Indri Penulis

Bocoran terbaru chipset Samsung Exynos 2200 muncul kembali. Chipset Exynos 2200 digadang-gadang bakal mendukung ray tracing.

Masih beberapa bulan lagi sebelum jajaran ponsel andalan Samsung Galaxy S22 Series diluncurkan. Namun beragam bocoran seputar ponsel-ponsel ini telah bermunculan.

Salah satu bocoran baru-baru ini mengungkapkan kalau Galaxy S22 Ultra akan menampilkan Exynos 2200. Dia adalah chipset dengan core ARM Cortex-X2 dengan clock 2.9GHz, 3 core dengan clock 2.8GHz, 4 core dengan clock 2.2GHz, dan GPU AMD dengan clock di 1250MHz.

Samsung hingga kini memang belum mengonfirmasi spesifikasi Exynos 2200. Tapi yang jelas chipset ini memang bakal menampilkan GPU AMD. GPU AMD yang ada di chipset Exynos 2200 digadang-gadang bakal menawarkan peningkatan besar-besaran dibanding GPU Mali-G78MP14 di Exynos 2100.

Nggak cuma itu, chipset ini bahkan digadang-gadang bakal menyaingi Apple A14 Bionic. Gosip ini muncul setelah ada beberapa pihak melakukan uji coba terhadap chipset tersebut, dan membandingkannya dengan A14 Bionic.

Nggak cuma itu, Samsung baru-baru ini juga mengonfirmasi kalau chipset Exynos 2200 bakal mendukung ray tracing. Dalam postingan terbaru di Weibo (via Videocardz), Samsung mengatakan:

Ray tracing adalah teknologi tampilan grafis canggih yang didukung pada GPU desktop. Dengan menghitung posisi cahaya dan area pantulan, piksel di area posisi dirender satu per satu untuk menghasilkan efek seperti aslinya.”

Teknologi ini juga akan dibawa pada terminal seluler smartphone melalui GPU Samsung Exynos, akan membawa pengalaman game seluler ke tingkat yang lebih tinggi,” lanjut Samsung.

Bersamaan dengan postingan tersebut, Samsung juga membagikan gambar yang bakal memberimu gambaran soal cara kerja ray tracing di chipset Exynos terbaru.

Sumber : XDA-Developers

Tapi gambar di bawah ini cuma buat tujuan demonstrasi, dan sebenarnya nggak dirender oleh GPU asli. Gambar ini cuma berfungsi untuk menunjukkan gimana ray tracing bisa menerangi objek dengan lebih baik.

Baca Juga:  Ada Konflik Internal! Samsung Galaxy S23 Series Pakai Chipset Exynos

Gimana menurutmu? Kelihatan banget ya perbedaannya? Kalau pakai teknologi ray tracing, gambar terlihat jauh lebih hidup. Visualnya pun jadi lebih jernih dan tajam.