Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Chronology: Game Puzzle Adventure Unik

Anom Penulis

Belum lama ini, hadir sebuah game puzzle adventure unik di Windows Phone. Game itu berjudul Chronology. Tepatnya Chronology: Time Changes Everything. Game ini mendapat nominasi di Nordic Game 2014 Indie Sensation Award, dan mendapat banyak rating bagus di berbagai review.

Sebenarnya, game ini merupakan game halang rintang (platformer). Tapi disebut puzzle adventure karena di situlah terletak permainannya. Di Chronology, kita akan bertualang dari satu tempat ke tempat lain dan menyelesaikan banyak teka-teki.

popculture.id

Teka-teki di sini bukanlah semacam tebak-tebakan (trivia). Tapi lebih kepada bagaimana kita menyelesaikan atau mencapai sesuatu. Melakukan ini, maka hal itu muncul.

Yang unik, Pak Tua yang jadi tokoh di Chronology membawa jam yang membuatnya bisa berpindah antara masa kini dan masa lalu. Seringkali, aksi yang dilakukan membutuhkan perpindahan waktu ini supaya sesuatu tercapai.

Tugas jangka panjangnya sendiri adalah menjawab apa yang sebenarnya terjadi dan dialami oleh Pak Tua ini. Seiring perjalanan, kita akan menemukan benda-benda yang terkait dengan kejadian misterius tersebut.

Seperti layaknya game platformer, di Chronology kita akan melewati banyak rintangan. Melompat ke atap, melewati bidang yang bergerak, dll.

Juga seperti game petualangan lain, Pak Tua akan melewati banyak tempat. Di sinilah kita bisa melihat bagusnya sisi grafis Chronology. Developer-nya menyebutkan kalau mereka terinspirasi oleh karya-karya Hayao Miyazaki. Untuk yang belum tahu, Hayao Miyazaki adalah seorang sutradara legendaris dari Studio Ghibli yang menghasilkan film-film animasi bermutu.

Kontrol game ini lumayan mudah dan responsif. Seperti bisa dilihat di gambar, ada kontrol arah di sebelah kiri dan ada tombol aksi di sebelah kanan. Tombol aksi itu akan bertambah kalau ada sesuatu yang bisa dilakukan. Apakah memungut barang, membetulkan sesuatu, dll.

Oya, dalam perjalanan nanti, kita akan bertemu dan ditemani oleh seekor siput. Siput ini bisa kita naiki (bayangkan Tsunade naik di punggung Katsuyu :D). Siput ini juga punya beberapa kemampuan unik. Lucu juga idenya.

Sekarang giliran bicara soal apa yang bikin saya sebel di game ini. Hehehe. Pertama, intronya tidak bisa dilewati begitu saja (skip). Lha kalo mati di bagian awal, dan mengulang, harus liat intronya lagi. Kedua, saya menemukan sedikit permasalahan waktu berpindah waktu. Pak Tua nyangkut dan tidak bisa keluar. Mungkin ini sekedar bugs saja.

Lalu, game ini disebut gratis. Tapi yang bisa kita mainkan hanya chapter 1 saja. Untuk memainkan chapter berikutnya, kita harus membelinya melalui IAP. Saya termasuk orang yang sebel dengan sistem semacam ini. Walau… yah, menurut saya layak untuk dibeli. Bahkan kalau game ini dilepas secara fullย dan berbayar seperti Halo: Spartan Assault, kayaknya lebih oke.

Game yang sebelumnya sudah populer di Steam dan iOS ini (versi Android hadir setelah Windows Phone), bekerja di Windows Phone 8 dan 8.1. Ahem, bisa juga di RAM 512. Oya, besar file-nya 132 MB.

Satu lagi, game Chronology ada soundtrack-nya. Bisa dilihat di Bandcamp.

    %d blogger menyukai ini: