Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Rekomendasi Cloud Storage Gratis Terbesar, Hingga 1 Tera

Rekomendasi Cloud Storage Gratis Terbesar, Hingga 1 Tera

Masalah baru yang muncul di era serba online adalah penyimpanan atau dikenal dengan cloud storage. Sebenarnya ini adalah sebuah solusi. Tapi karena kapasitasnya yang relatif kecil menjadikan hal ini sebagai masalah. Rumit memang…

Begini ceritanya, developer seringnya hanya memberikan kapasitas penyimpanan sedikit untuk versi free, dan harus membayar bulanan untuk penambahan kapasitas. Tapi karena persaingan pasar, developer kompetitor kemudian hadir dengan tawaran yang lebih menggiurkan.

popculture.id

Sedangkan saya, sebagai kaum freemium pastilah akan mencari layanan cloud storage gratis terbesar yang bisa saya gunakan. Ya, memanfaatkan persaingan developer dengan segala fitur tawarannya.

Hasilnya, saya menemukan banyak sekali referensi penyimpanan gratis! Kurang lebih inilah daftar Cloud Storage terbesar yang sudah saya rangkum.

Terabox – 1TB

terabox

Terabox adalah salah satu layanan penyimpanan yang memiliki visi untuk membagikan ruang yang sama bagi setiap user guna untuk memperkaya keuntungan yang ditawarkan oleh cloud. 

Terabox menyediakan 1.024GB atau 1 Tera gratis untuk setiap pendaftar. Lalu, jika masih mau kapasitas lebih, barulah ada bayar-bayarnya.

Tapi, setelah saya coba ternyata Terabox tidak sebaik itu, ada pembatasan upload bulanan. Jadi meski punya 1 Tera, kita hanya bisa upload 5gb saja setiap bulannya. Kira-kira berapa tahun ya kalau mau upload 1 Tera?? 

Coba TeraBox

Degoo – 100GB

Tidak semua mengenal Degoo, padahal Degoo sangat recomended. Bagaimana tidak, Degoo memberikan kapasitas 100GB cloud storage secara gratis. Pengguna baru bisa mendaftar secara free dan sudah mendapatkan kapasitas sebesar itu.

Karena masih terbilang baru, sayangnya Degoo ini belum banyak bisa melakukan sinkronisasi dengan berbagai aplikasi. Namun tentunya versi berbayarnya menawarkan hal-hal yang lebih baik lagi.

Coba Degoo.

Gdrive (Google Drive) – 15GB

Kalau yang satu ini sudah populer, bahkan bisa dikatakan orang yang biasa menggunakan layanan Google pasti juga  menggunakan Gdrive. Dengan sekian banyak fitur yang dia miliki, membuatnya selalu lebih unggul. Terutama penyimpanan free nya yang juga lumayan, yaitu 15GB.

Meskipun demikian, pengguna tetap dapat upgrade kapasitasnya dengan mengubah ke versi berbayar ya.

BOX – 10GB

Cukup 10GB saja BOX memberikan kapasitas penyimpanan awan gratis untuk penggunanya. Anehnya lagi, Box membatasi penggunanya dengan hanya bisa mengunggah file dengan ukuran maksimal 250MB saja.

Nampaknya, Box menginginkan para pengguna untuk menggunakan Box hanya untuk file-file yang kecil, dengan begitu, pengguna dapat merasakan kenyamanan efisiensi dalam memanipulasi file.

Coba Box.

pCloud – 10GB

Tidak jauh berbeda, layanan ini juga hanya menyediakan 10GB saja untuk penyimpanan gratisnya. Namun tidak ada batasan seberapa besar file yang di-upload. 

Keunggulannya adalah fitur-fitur di dalamnya seperti dapat mengakses file dari banyak perangkat dan dapat memulihkan dan mengakses versi lama dari akun pengguna.

Coba pCloud.

OneDrive – 5GB

Layanan milik Microsoft ini menawarkan layanan penyimpanan gratis yang cukup kecil, yaitu 5GB. Versi gratisnya memang terbilang kecil. Namun ketika kamu menggunakannya untuk sinkron file-file berbasis Office seperti MS Word maupun Excel, kapasitas OneDrive free ini terbilang cukup.

Coba OneDrive.

Sync – 5GB

Keunggulan dari layanan penyimpanan ini adalah pada file-sharing atau membagikan data secara gratis. Pengguna yang baru mendaftar di Sync ini akan mendapatkan 5 GB ruang penyimpanan secara gratis dan lifetime.

Selain itu, Sync juga memberikan layanan enkripsi end-to-end untuk memastikan bahwa file kamu akan selalu aman.

Coba Sync.

Dropbox – 2GB

Versi gratis dari layanan penyimpanan ini hanyalah 2GB, dan hingga 100GB untuk versi berbayarnya. Terbilang sangat kecil. 

Dropbox unggul pada layanan Dropbox for Business yang menyediakan penyimpanan mulai dari 3000 GB atau 3 TB. Sehingga menjadikan pengguna dapat menyimpan data dalam jumlah yang besar dengan sangat mudah dan praktis.

Coba Dropbox.


Banyak sekali layanan penyimpanan yang menawarkan berbagai kemudahan untuk kita sehari-sehari. Karena ini masalah data, kamu tinggal pilih developer mana yang paling bisa kamu percayai dan layanan apa yang kamu butuhkan.

    %d blogger menyukai ini: