Cara Menggunakan Google Drive untuk Menyimpan Data

Saat ini banyak sekali penyedia layanan yang bisa digunakan secara gratis. Kamu menggunakan salah satu layanan cloud storage milik Google, yakni Google Drive.

Kemajuan teknologi yang begitu pesat mampu mengubah berbagai kebiasaan manusia. Salah satunya kebiasaan untuk menyimpan data. Dulu kebanyakan orang menyimpan data menggunakan flashdisk atau harddisk, namun sekarang berbeda. Flashdisk maupun harddisk memang masih ada dan eksis hingga saat ini.

Kini banyak orang yang memanfaatkan cloud storage sebagai media penyimpanan. Ada banyak manfaat yang bisa didapat saat data disimpan di cloud storage, seperti keamanan yang lebih terjamin, kapasitas yang lebih besar, lebih sederhana dan ringkas, hingga efisiensi waktu. Kamu bisa mengakses data di mana saja dan kapan saja, tanpa perlu repot membawa flashdisk maupun harddisk.

Sedikit kelemahannya adalah, kamu memerlukan koneksi internet yang stabil agar bisa menyimpan data di dalam cloud storage.

Seperti yang kita ketahui, Google merupakan sebuah perusahaan internet terbesar yang ada di dunia. Tentu saja produk-produk yang dihasilkan oleh Google memiliki kualitas baik. Google Drive merupakan salah satunya.

Google Drive

Google Drive memberikan ruang penyimpanan online sebesar 15 GB secara gratis. Kamu bisa menyimpan berbagai foto, data, desain, cerita, gambar, lagu, video, dan masih banyak lainnya. Apabila dirasa masih kurang, kamu bisa menambah kapasitas penyimpanan dengan menggunakan layanan premium dari Google Drive.

Pengguna juga dapat melihat file di mana saja, mulai dari smartphone, tablet, laptop, hingga komputer. Kemana pun kamu pergi, maka file tersebut akan siap mengikuti. Menariknya lagi, kamu bisa berkolaborasi dengan pengguna lain untuk melihat, mengunduh, hingga menyunting file-mu. Sehingga tidak perlu menggunakan lampiran melalui email.

Untuk menggunakannya, kamu bisa memulainya dari membuat akun Google terlebih dahulu. Berikut ini merupakan beberapa langkah yang perlu dilakukan.Untuk membuat akun di Google, kamu perlu mengakses gmail.com terlebih dahulu. Setelah masuk ke Gmail, kamu bisa memilih pilihan ‘Create account’.

Setelah itu muncul kolom yang harus diisi dengan lengkap. Setelah diisi dengan lengkap, kamu harus menekan tombol ‘Next Step’. Nantinya akan muncul halaman verifikasi melalui sms atau panggilan telepon. Setelah memasukkan kode verifikasi tersebut, akun Gmail milik kamu telah siap digunakan.

Mengakses Google Drive melalui website. Setelah akun Gmail jadi, tentu saat ini kamu sudah bisa mengakses Google Drive melalui website maupun smartphone. Namun ingat, sebelumnya kamu harus log in Gmail terlebih dahulu sebelum mengakses Google Drive. Jika melalui website, kamu hanya perlu mengakses www.google.com/drive. Setelah itu kamu bisa langsung mengakses Google Drive dengan menekan tombol ‘Go to Google Drive’. Apabila telah log in, maka akan langsung muncul halaman seperti ini. Google Drive milikmu pun siap untuk digunakan.

Untuk menambahkan file di Google Drive, kamu harus menekan tombol ‘New’ di kiri atas. Nanti akan ada beberapa pilihan upload. Kamu bisa memilih menambahkan folder baru atau dokumen baru. Jika ingin lebih mudah, kamu bisa langsung menggeret file ke halaman Google Drive ini secara otomatis.

Melakukan rename, delete, dan download pada Google Drive. Untuk melakukan rename, delete, maupun download file yang ada di Google Drive, kamu hanya tinggal ‘klik kanan’ pada file yang dipilih. Setelah muncul maka akan keluar beberapa pilihan yang bisa dipilih, yaitu rename, delete, maupun download file.

Apabila kamu tidak ingin ribet membuka website Google Drive secara terus menerus, kamu bisa menginstall-nya di PC. Caranya dengan membuka https://tools.google.com/dlpage/drive, kemudian klik ‘Download Drive’. Pilih perangkat mana yang kamu kehendaki. Kamu hanya akan tinggal menekan ‘Accept dan Install’ saja. Tunggu sebentar, maka Google Drive pun telah terinstall di PC milikmu.

Bagaimana, mudah bukan menggunakan Google Drive? Apabila kamu masih kebingungan, kamu bisa mencari bantuan yang disiapkan oleh Google. Gunakan Google Drive mulai sekarang agar data kamu bisa tersimpan dengan aman. Selain itu, data milikmu juga bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Selamat mencoba!