Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Cloudoh: Aplikasi SoundCloud Windows Phone Terbaik

Anom Penulis

Selain AudioCloud, ada alternatif lain aplikasi SoundCloud Windows Phone yang bahkan lebih populer. Namanya Cloudoh. Dari namanya, bisa ditebak kalau aplikasi ini dikembangkan oleh pembuat Twitter client Mehdoh.

Cloudoh hadir dengan warna jingga khas SoundCloud, dan tampilan khas aplikasi social media Windows Phone. Beberapa fitur, seperti: melihat stream, lagu yang disukai, playlist, pencarian, atau berdasar genre bisa diakses dengan mudah. Cukup swipe kanan-kiri saja.

popculture.id

Informasi yang hadir juga lengkap. Saat melihat daftar lagu, baik di stream maupun saat melihat berdasar genrenya, sudah terlihat informasi statistik lagu tersebut. Berapa durasinya, berapa lama sudah di-upload, berapa kali dimainkan, dll.

Begitupun saat kita memainkan sebuah lagu (misalnya lagu Sometimes dari band Tik Tok ini). Walaupun saya pribadi kurang suka dengan desain tampilannya, kita bisa melihat informasi lengkap lagu yang bersangkutan dengan jelas.

Kita juga bisa melihat histogram lagu khas SoundCloud di halaman lagu tersebut. Kalau mau melihat komentar yang ada, tinggal swipe saja. Solusi yang mudah dan konsisten dari sisi desain.

Cloudoh juga mendukung playlist. Tampilan playlist-nya juga lumayan oke. Saya agak bingung kenapa tampilan lagu tidak dibuat seperti tampilan playlist yang lebih rapi. Ini juga membuat aplikasi Cloudoh sedikit kurang konsisten. Untuk membuat playlist dari aplikasi, kita harus upgrade ke Cloudoh Premium (aplikasi ini memang gratis).

Informasi yang jelas juga hadir di bagian profil. Baik informasi artis, daftar lagu, foto, dll bisa dilihat dengan mudah. Walau lagi-lagi ada sedikit ketidak konsistenan di tampilan (rounded corner), api gestur dan fungsinya tetap konsisten.

Ada beberapa hal yang perlu disebutkan. Beberapa lagu dari artis tertentu tidak bisa diputar, karena SoundCloud tidak mengijinkannya untuk diputar di aplikasi pihak ketiga. Lalu, aplikasi ini juga masih belum mendukung beberapa fitur seperti upload lagu, atau mengganti avatar kita.

Yah, walau saya sedikit cerewet soal desain, dan aplikasi Cloudoh ini belum mendukung beberapa fitur, saya pikir Cloudoh adalah salah satu aplikasi SoundCloud Windows Phone terbaik. Jelas dan enak digunakan. Apalagi aplikasi ini gratis.

Oya, selain bisa pin aplikasi, kita juga bisa pin playlist dan lagu di start screen. Lalu, Cloudoh bekerja di Windows Phone 8 dan 8.1.

    %d blogger menyukai ini: