Cofeed: Membenahi Album Art Musik di Windows Phone

Anom Penulis

Supaya tampilan koleksi musik kita terlihat keren, salah satu yang harus hadir adalah album art musik. Beberapa aplikasi bisa membantu kita. Misalnya Tag Editor dan MPA Tool. Selain itu, ada juga Cofeed, aplikasi khusus untuk melengkapi album art yang hilang.

Tag Editor memiliki satu kelemahan, yaitu tidak melakukan pencarian online. Sedangkan MPA Tool belum berfungsi di Windows Phone 8.1. Cofeed hadir untuk mengisi kekosongan itu. Gampangnya, kalau sudah mengisi data secara lengkap di Tag Editor, kita bisa mencari album art musik lewat Cofeed (karena pencarian juga membutuhkan nama artis, judul lagu, atau album).

Saat meluncurkan Cofeed, aplikasi ini akan menawarkan untuk memindai koleksi musik kita. Hm, walau asih agak terbata-bata, animasi proses scanning-nya cukup menarik. Cofeed kemudian menampilkan album art musik yang belum ada, maupun yang sudah ada.

Yang oke, Cofeed secara otomatis akan menambah album art yang sesuai pada yang belum ada. Tapi kadang juga tidak menemukan. KIta bisa melihat koleksi baru tersebut.

Kalau kita tidak puas dengan pilihan album art, kita bisa melihatnya lebih jauh. Nanti akan ada saran album art dari pencarian online. Ada top suggestion, hasil berdasarkan album artist, dan hasil pencarian Bing (MSN).

Sama seperti proses scanning, kadang proses pencarian album art ini berjalan kurang lancar. Bisa juga sih karena koneksi internet yang tidak stabil. Kalau itu terjadi, coba buka ulang aplikasi ini.

Setelah semua sudah terisi dengan baik. Kita bisa tap tombol done. Lalu Cofeed akan menyimpan album art yang baru ditambahkan tersebut.

Jangan lupa cek di Xbox Music atau aplikasi player music lain. Yah, siapa tahu masih ada yang belum berhasil. Sejauh saya coba, Cofeed melengkapi koleksi musik dengan baik. Sebagai orang yang cukup risih dengan kurang lengkapnya data seperti ini, saya terpuaskan.

Aplikasi Cofeed ini bisa didapat dengan gratis dan bekerja di Windows Phone 8.1. Kalau puas, kita bisa memberi donasi pada developer-nya. Kalau kurang puas, beritahu apa kekurangan aplikasi ini, supaya bisa dibenahi.

    %d blogger menyukai ini: