Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Collector: Aplikasi Reader Sejenis Flipboard

Anom Penulis

Setelah membahas beberapa aplikasi reader Windows Phone seperti Fuse dan NextGen Reader, kami akan membahas satu lagi aplikasi reader yang sedang menanjak kepopulerannya. Nama aplikasi ini adalah Collector, aplikasi reader yang sejenis Flipboard.

Fitur Collector

  1. Menelusuri dan dan mengikuti artikel terbaru dari website atau blog pilihan
  2. Menambah rss feed sendiri. Cari atau ketik alamat url blog atau website bersangkutan
  3. Membuat feed dari sumber lain, seperti Twitter atau Tumbler
  4. Baca artikel secara offline
  5. Terintegrasi dengan Readability
  6. Berbagi di jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn atau via email
  7. Live tile

Seperti yang kami sebut di atas, aplikasi ini disebut-sebut sebagai alternatif untuk Flipboard di Windows Phone. Salah satunya karena adanya fitur untuk membaca feed dari jejaring sosial seperti Twitter, Facebook, atau Instagram. Hal ini cukup berbeda dengan aplikasi reader yang lain. Biasanya memang hanya menarik konten dari rss feed saja.

popculture.id

Tampilan aplikasi Collector ini juga cukup keren. Kami sangat suka dengan desain welcome screen-nya. Tampilan kategori feed-nya dengan tile besar-besar itu juga menarik. Sedangkan tampilan feed-nya cukup sederhana untuk mengoptimalkan kemudahan user membaca.

Aplikasi ini mudah digunakan. Saat pertama kali dibuka, kita akan di hadapkan pada pilihan kategori beserta sumber-sumber feed-nya. Setelah itu, Collector akan mengumpulkan artikel-artikel yang ada dan menampilkannya. Kalau mau merubah, menambah, atau menarik feed dari jejaring sosial, kita tinggal tekan tombol collections atau socials di application bar.

Saat memilih salah satu artikel untuk dibaca, kita akan disuguhi sepenggal isi artikel tersebut. Untuk membacanya lebih lanjut, kita bisa memilih read article atau open in browser. Tampilan artikelnya bersih khas Readability. Dengan content scraping ala Collector, kita juga bisa secara otomatis melihat link atau gambar yang ada di feed tersebut.

Collector tersedia dalam versi trial dan berbayar, tersedia di region Indonesia. Versi berbayar bisa didapat dengan harga Rp17.190. Dan versi trial bisa didapat dengan beberapa keterbatasan. Beberapa di antaranya adalah batasan untuk kategori yang hanya mengijinkan 2 buah saja (tapi sumber blog/website bisa banyak) dan keterbatasan login/connect ke jejaring sosial.

    %d blogger menyukai ini: