Converge: Aplikasi Reader Kontroversial

Anom Penulis

Converge adalah sebuah aplikasi reader yang banyak disukai di Windows Phone. Tidak heran, karena aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang unik. Selain aplikasinya sendiri, Converge juga memiliki cerita yang menarik.

Converge merupakan aplikasi reader untuk beberapa situs terkenal, yaitu The Verge, WinBeta, dan WPcentral. Kita bisa mengikuti berita-berita terbaru dari situs tersebut.

Tampilan Converge cukup menarik. Kalau sudah akrab dengan Bing News, ya cukup miriplah. Bedanya di halaman awal, berita yang di highlight di Converge tampil serupa daftar (bisa di swipe untuk ke berita lain).

Di samping itu, Converge juga menampilkan beberapa kategori yang lebih spesifik dan beberapa konten lain seperti video dan forum. Nah, video dan forum yang dihadirkan di Converge ini bersumber dari The Verge.

Tampilan artikelnya cukup standar. Tapi kita tetap bisa mengatur besar font sesuai kenyamanan kita membaca. Lalu, kalau kita ingin membaca artikel tersebut nanti, kita juga bisa menyimpannya dengan layanan Pocket.

Yang cukup menarik adalah tampilan forumnya. Untuk melihat komentar atau balasan untuk post utama, cukup swipe bagian bawah judul. Agak mirip lah sama ahem aplikasi IdWinPhone. Bedanya, kalau Converge yang bergeser hanya bagian bawah atau konten itu saja.

Aplikasi Converge ini memang awalnya merupakan aplikasi pihak ketiga untuk The Verge dengan nama yang berbeda (bukan Converge). Tapi karena satu dan lain hal, maka pihak The Verge meminta aplikasi ini ditarik (walau pada awalnya, saat aplikasi ini dibuat sudah ada diskusi antara Anand Prakash dengan pihak Vox Media). Akhirnya aplikasi reader ini hadir dengan logo dan nama baru, juga menampilkan sumber berita lain, seperti WinBeta dan WPcentral. Nantinya sumber berita dan fitur lain akan ditambahkan. Kalau ingin membaca lebih lanjut soal ini bisa mengunjungi diskusi di Reddit atau blog Anand Prakash.

Converge bisa didapat secara gratis di store (bekerja di Windows Phone 8 dan 8.1). Aplikasi ini juga mendapat respon bagus dari para penggunanya. Kalau mau mencoba, bisa disruput dari link di bawah.

    %d blogger menyukai ini: