Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Cube Raider: Tidak Sekedar Game Puzzle

Anom Penulis

Cube Raider adalah salah satu game puzzle di Windows Phone. Tadinya, saya cukup meremehkan game ini. Tapi ternyata, strategi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tiap permainannya bukanlah sesuatu yang enteng.

Game ini hadir dengan tampilan 3D, namun dengan gaya game 8-bit seperti Minecraft. Dunia Cube Raider hadir dengan warna-warna yang cerah. Baik tokoh, background, maupun kubus tempat kita bermain.

popculture.id

Ya, permainan dilakukan di atas sebuah kubus yang bisa kita putar-putar dengan melakukan gestur swipe (kanan-kiri, atas-bawah). Tapi jangan sembarang memutar. Kalau salah, tokoh kita bisa jatuh dan permainan selesai.

Fungsi dari memutar kubus itu adalah melihat permukaan kubus yang lain, dan memindah jagoan kita ke permukaan lain. Ini adalah salah satu tantangan yang membutuhkan strategi jitu.

Pada awal permainan, kita bisa seenaknya saja berpindah permukaan. Tapi lama-kelamaan, kita harus memperhitungkan kondisinya. Permukaan mana dulu yang akan kita selesaikan.

Di sisi inilah Cube Raider bisa disebut puzzle. Kita mengumpulkan koin (kotak) emas yang ada di tiap permukaan. Akan ada halangan berupa lubang-lubang. Kita bisa menutupnya dengan menggeser kotak yang ada. Ada kotak biru dan merah. Kotak biru digeser dengan mendorong, kotak merah digeser dengan menginjaknya (kita harus berpindah antar permukaan). Pengaturan susunan ini yang memungkinkan kita mendapat jalan untuk menyelesaikan permainan. Sekali lagi, tidak semudah itu.

Untuk mengontrol sang jagoan, kita menggunakan tombol kontrol yang ada di layar. Arah tombol kontrol bisa kita atur sesuai kesenangan kita. Untuk berpindah permukaan, kita perlu tap 2 kali tombol kontrol arah tujuan (hati-hati, harus ada landasannya atau bisa jatuh). Kadang diperlukan improvisasi dengan memutar kubus tersebut.

Cube Raider memiliki beberapa stage. Masing-masing stage memiliki beberapa level. Kalau kita sudah mendapatkan koin emas di setiap permukaan, permainan akan selesai dan kita bisa lanjut ke level selanjutnya (atau stage selanjutnya kalau sudah di-unlock).

Yang sering membuat saya sebal adalah swipe-nya kadang terasa terlalu sensitif. Ya memang jadi saya saja yang kurang hati-hati. Tapi beberapa kali terjadi salah putar. Maunya menggeser ke kiri, tapi malah kubus terputar ke bawah (dan jagoannya jatuh).

Game yang tadinya saya rasa hanya sekedar untuk mengisi waktu luang, ternyata memiliki tantangannya sendiri. Untuk yang suka berstrategi ria untuk memecahkan masalah, Cube Raider cocok dimainkan.

Game ini memiliki 2 versi, yaitu berbayar dan gratis (lite). Game ini berjalan di Windows Phone 8 dan Windows Phone 8.1. Silakan ke toko Windows Phone lewat link di bawah kalau mau menyruputnya.

    %d blogger menyukai ini: