No Telat-Telat Club! Inilah 5 Daftar Aplikasi Pengingat Tugas Belajar

Indri Penulis

Suka telat ngumpulin tugas gara-gara kelupaan? Hm, mungkin kamu bisa coba aplikasi pengingat tugas belajar berikut ini.

Namanya anak sekolah, pasti nggak bakal jauh sama yang namanya tugas. Bahkan dalam sehari, mungkin kamu bakal dikasih tugas lebih dari satu mata pelajaran dari guru.

Dengan banyaknya tugas yang diberikan, ditambah tanggal deadline yang kadang nggak sama, kadang hal ini membuat siswa lupa untuk mengerjakan salah satu tugas mata pelajaran.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa memanfaatkan aplikasi pengingat tugas belajar. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, kamu akan mendapat peringatan jika belum mengerjakan tugas. Lumayan, bisa jadi pengingat kan?

Oke nggak pakai lama, mari langsung saja simak daftar aplikasinya di bawah ini:

Egenda

Aplikasi yang pertama ini bisa kamu pakai untuk menyusun jadwal. Kamu bisa menyusun jadwal PR, mata pelajaran, proyek, tes, kuis, dll.

Sumber : TechZillo

Biar makin estetik dan gampang diingat, Egenda akan mengatur tugas dengan menggunakan sistem warna. Jadi setiap tugas akan tampil dengan varian warna yang berbeda-beda.

Kamu hanya perlu menambahkan kegiatan per minggu atau semester. Setelah itu tambahkan juga nama tugas dan tanggal deadline-nya. Selanjutnya Egenda bakal mengingatkan kamu kalau ada tugas yang mendekati deadline.

Microsoft To Do

Aplikasi yang satu ini nggak cuma cocok dipakai untuk para pekerja, tapi Microsoft To Do juga bisa kamu manfaatkan untuk menunjang aktivitas belajar lho.

Sumber : PCMag

Di aplikasi ini kamu bisa bikin daftar tugas yang bakal dikerjakan selama sehari, seminggu, atau bahkan beberapa bulan. Kamu juga bisa memperbaruinya setiap saat, yakni dengan mengklik tugas sebagai tanda kalau kamu sudah menyelesaikannya.

Kamu juga bisa bikin tugas sesuai tanggal jatuh tempo. Biar nggak lupa mengerjakan tugas, kamu bisa pasang pengingat. Dengan begitu, Microsoft To Do nanti bakal mengingatkan kamu kalau ada tugas yang sudah jatuh tempo.

myHomework Student Planner

Apa yang menarik dari aplikasi ini? Di aplikasi ini kamu bisa melacak tugas, jadwal ujian, proyek, dan acara penting lain yang akan datang.

Sumber : myHomework Student Planner

myHomework Student Planner juga dibekali widget khusus untuk pekerjaan rumah/PR. Di widget ini, kamu bisa menyinkronkan tugas dan mendapat notifikasi saat waktu pengumpulan tugas hampir tiba. Jadi kalau pakai widget ini, kamu bakal terhindar dari momen telah ngumpulin tugas deh!

Evernote

Di Evernote kamu bisa mengatur pengingat soal deadline tugas dan jadwal belajar. Dengan begitu, jadwal belajar dan mengerjakan tugasmu jadi lebih terorganisir.

Sumber : The Next Web

Lebih dari itu, kamu juga bisa menyinkronkan tugas dan catatan pribadi ke berbagai perangkat lho. Artinya kamu bisa mengerjakan tugas/mengecek catatan di berbagai perangkat, tanpa khawatir datanya berubah.

Menariknya di sini kamu bisa bikin catatan dalam berbagai format seperti teks, foto, audio, kliping web, dan video. Kamu juga bisa melampirkan dokumen Microsoft Office dan PDF. Serunya lagi kamu juga bisa berkolaborasi dengan orang lain, misal untuk mengerjakan tugas bersama.

Pomodoro Timer & To Do List

Pernah mendengar teknik belajar Pomodoro? Jadi teknik belajar ini mengharuskan kamu untuk fokus belajar selama waktu 25 menit. Setelah itu kamu bisa istirahat selama beberapa menit, lalu lanjut belajar atau mengerjakan tugas selama 25 menit lagi.

Sumber : Thai App Center

Menariknya, teknik Pomodoro ini memang terbukti tokcer lho. Pasalnya teknik ini telah terbukti meminimalisir burnout atau hilang fokus saat belajar.

Kalau mau mencoba teknik belajar Pomodoro, kamu bisa coba aplikasi Pomodoro Timer & To Do List. Aplikasi ini bakal membimbingmu untuk menggunakan teknik belajar Pomodoro. Aplikasi ini dapat mendeteksi saat fokus belajarmu terganggu. Ia juga dapat mendeteksi berapa lama waktu yang kamu habiskan untuk mengerjakan tugas berbeda.

    %d blogger menyukai ini: