Tips: Memindahkan Catatan Evernote ke OneNote

evernote

Evernote merupakan aplikasi dan layanan untuk menyimpan dan menulis catatan secara online. Evernote bukan satu-satunya aplikasi dan layanan yang mengizinkan pengguna untuk mencatat dan menyimpannya secara cloud. Kita sebagai pengguna Windows memiliki OneNote yang berfungsi mirip.

Nah bagaimana jika kita sebagai pengguna Evernote ingin bermigrasi ke OneNote? jika catatan yang kita simpan di Evernote masih sedikit tentu tidak akan jadi masalah, namun bagaimana jika kalian sudah memiliki ratusan atau bahkan mungkin ribuan catatan di Evernote. Kan pegel kalau harus mindahin satu-satu.

Tapi ada cara mudah untuk melakukan hal tersebut. Sebuah perangkat lunak open source yang bernama evimsync bisa menangani tugas tersebut dengan baik. Perangkat lunak ini juga tidak perlu diinstall, cukup unduh dan klik dua kali untuk menjalankannya.

Untuk memindahkan catatan evernote ke OneNote menggunakan evinsync, kalian harus mempersiapkan beberapa hal, yaitu:

  1. Unduh perangkat lunak evimsync di laman sourceforge.net atau bisa klik disini.
  2. Jika belum punya, silakan unduh .NET framework 4.6 disini.
  3. Aplikasi desktop (bukan yang di unduh dari Windows Store jika kalian adalah pengguna Windows 10) Evernote dan OneNote (versi 2013 atau 2016) yang sudah terpasang di PC. Pastikan kalian sudah masuk menggunakan akun masing-masing pada keduanya.

Jika ketiga point di atas sudah lengkap, silakan jalankan perangkat lunak yang telah di unduh tadi (poin 1). Cara menjalankannya cukup klik dua kali. Setelah itu, kalian tinggal pilih Notebook dari Evernote yang ingin dipindahkan ke One Note dan klik tombol “Start”. Tunggu hingga proses tersebut selesai.

JIka progress bar sudah menunjukkan  proses tersebut selesai, kalian bisa cek pada aplikasi OneNote apakah catatan-catatan yang ada di Evernote sudah terpindah dengan sempurna. Mudah kan? selamat mencoba.

%d blogger menyukai ini: