Daftar Aplikasi Ubuntu yang Wajib Ada Setelah Instalasi Awal

Apakah ini pertama kalinya kalian menggunakan Ubuntu? Jika iya, pastikan kalian punya aplikasi berikut setelah instalasi awal Ubuntu.

Mungkin banyak orang di sekitar kita saat ini menggunakan perangkat berbasis Windows. Namun tidak sedikit pula orang menggunakan Ubuntu.

Ada berbagai alasan kenapa orang lebih menyukai Ubuntu. Salah satunya karena Ubuntu open source. Jadi semua orang bisa menginstal sistem operasi ini secara gratis.

Jika kalian pengguna baru Ubuntu, mungkin kalian bingung aplikasi apa yang harus diinstal para perangkat. Kali ini saya akan berbagi daftar aplikasi yang harus ada setelah instalasi awal Ubuntu.

Daftar Aplikasi yang Wajib Ada di Ubuntu

Synaptic Package Manager

Sumber Gambar : Tecmint

Sebenarnya Ubuntu sudah memiliki Software Center bawaan. Namun setelah instalasi awal, biasanya kalian menemukan beberapa fitur yang hilang.

Oleh sebab itu, kalian butuh aplikasi pihak ketiga Synaptic Package Manager. Aplikasi ini dapat mencari dengan cepat. Selain itu, Synaptic juga bisa memperbaiki dependensi paket yang rusak.

Aplikasi ini juga memiliki pengaturan yang secara otomatis menghapus paket setelah instalasi. Synaptic bahkan bisa mengurangi penggunaan disk tidak penting di Linux.

Google Chrome

Sumber Gambar : Ars Technica

Mungkin sebelumnya kalian telah terbiasa menggunakan Chrome di Windows. Oleh karena itu, saya turut rekomendasikan aplikasi di perangkat Ubuntu kalian.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan Chrome, namun tidak bisa dilakukan browser lain. Kalian tidak harus menggunakan Chrome sebagai browser utama, tapi penting untuk memiliki Chrome.

Geary

Sumber Gambar : WebUp8

Ada beberapa email client desktop Linux yang bisa dipilih. Namun yang paling nyaman digunakan adalah Geary. Aplikasi ini sederhana, cepat, mudah digunakan, dan memiliki tampilan bagus.

Interface aplikasi ini sebenarnya sederhana, namun fungsional. Inilah yang membuatnya menjadi email client β€˜commom common denominator’ yang bagus.

Satu-satunya kelemahan Geary adalah kurangnya opsi konfigurasi. Kalian tidak bisa mengubah hotkey, dan menonaktifkan fitur β€˜Mark as Read after X seconds.’

VLC Media Player

Sumber Gambar : gHacks

Sebenarnya Linux menyediakan pemutar media yang bagus. Namun menurut saya, pemutar media tersebut belum bisa mengalahkan VLC Media Player.

VLC memiliki nilai jual yaitu komitmennya untuk menjadi software open source. Sebagai aplikasi open source, VLC mampu menyediakan fitur lengkap.

Dropbox

Sumber Gambar : J2 Store

Dari semua layanan penyimpanan cloud, Dropbox adalah yang paling cocok untuk Linux. Aplikasi ini mudah digunakan, dan bisa mencadangkan file dengan baik.

Dropbox terintegrasi dengan baik ke Linux. Saat sudah terpasang, kalian tidak perlu melakukan pengaturan. Dropbox akan berjalan otomatis, sehingga cocok untuk pengguna baru Ubuntu.

%d blogger menyukai ini: