Daftar Cryptocurrency Terbaik 2021 Yang Wajib Kamu Pantau

bitcoin cryptocurrency

Pada tanggal 9 September 2021, nilai konversi BTC to IDR mencapai 660.312.080, meningkat empat kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Luar biasa ya? Tapi selain Bitcoin, ada beberapa aset kripto lain yang layak kamu pantau. Di sini kami mengajakmu melihat daftar cryptocurrency terbaik 2021.

Kriteria Kripto Terbaik

Sampai bulan Januari 2021, sudah ada lebih dari 4000 koin dan token beredar di dunia kripto (termasuk koin yang punya nama konyol). Beberapa koin yang paling populer punya tingkat perdagangan tinggi dan investor yang loyal.

Menurut para ahli, aspek yang perlu diperhitungkan untuk kriteria cryptocurrency terbaik di tahun 2021 meliputi kapitalisasi pasar dan volume perdagangan. Kapitalisasi pasar dipakai investor untuk mengukur kestabilan dan potensi pertumbuhan suatu aset.

Aset kripto yang punya kapitalisasi pasar besar akan memiliki kemampuan relatif lebih baik dalam mengatasi dampak buruk perubahan harga.

Catatan: Sebelum membahas lebih jauh, kami ingatkan bahwa artikel ini bukanlah nasihat finansial. Harap berhati-hati, karena resiko kamu tanggung sendiri.

5 Cryptocurrency Terbaik 2021

Nah, apa saja token dan cryptocurrency terbaik di tahun 2021 ini? Mari kita lihat satu per satu.

1. Bitcoin

Sejak diciptakan di tahun 2009, Bitcoin semakin menarik minat investor. Banyak yang memilihnya karena koin ini bersifat open-source, dilengkapi teknologi peer-to-peer yang memungkinkan transaksi berjalan cepat tanpa lewat otoritas pusat. Karena itu pula, biaya pemrosesan juga relatif rendah.

logo bitcoin cryptocurrency

Lalu, Bitcoin pun termasuk salah satu aset kripto yang berjalan pada blockchain-nya sendiri dan dipakai sebagai alat pembayaran di berbagai belahan dunia.

Menariknya, walau sering mengalami fluktuasi seperti rollercoaster, Bitcoin tetap bertahan sebagai cryptocurrency terbaik dan mencatat pertumbuhan yang stabil di tahun ini. Pada tanggal 11 September 2021, harga Bitcoin mencapai $45.201 dan mencatat kapitalisasi sebesar 850,38 milyar. Nilainya naik 1,5 kali lipat dibanding awal tahun, yaitu sebesar $29.374.

Jurnalis Forbes, Billy Bambrough, melaporkan kalau Standard Chartered sudah memprediksi harga Bitcoin akan naik tiga kali lipat dari level saat ini, yaitu berada di kisaran harga $50.000-$175.000.

2. Ethereum

Ethereum menjadi salah satu cryptocurrency terbaik karena memiliki performa luar biasa tahun ini. Sejak bulan September 2020, harga ETH sudah naik dari $386,10 menjadi $3.211. Hampir 10 kali lipat!

logo ethereum cryptocurrency

Kat Tretina, kontributor Forbes, mengatakan kalau Ethereum menjadi kripto favorit pengembang karena potensinya yang aplikatif. Kehadiran smart contract dan non-fungible token (NFT) berhasil mengakomodasi transaksi berbagai aset dan memungkinkannya berkembang terus setiap saat.

Standard Chartered juga sudah membuat prediksi kalau nilai Ethereum akan naik 10 kali lipat menuju angka $26.000-$35.000. Namun potensi naiknya harga ini juga disertai resiko yang cukup tinggi pula.

3. Binance Coin (BNB)

Binance menjadi koin selanjutnya yang punya pertumbuhan pesat di tahun 2021. Dari bulan Januari sampai September, nilai BNB sudah naik dari $42,45 menjadi $401,62. Kapitalisasi pasarnya juga tercatat naik 10 kali lipat, jadi sekitar $68,18 milyar.

logo binance

Lalu BNB adalah koin yang dipakai sebagai alat pembayaran di Binance Exchange, salah satu bursa kripto terbesar di dunia berdasar volume perdagangan. Namun, kini BND juga sudah dipakai untuk perdagangan, pemesanan perjalanan, dan ditukar dengan cryptocurrency lain.

4. Tether (USDT)

Tether memiliki nilai yang lebih konsisten dibanding cryptocurrency lain, salah satunya karena stablecoin ini didukung mata uang flat Dollar Amerika Serikat. harga Tether yang terkait langsung dengan Dollar AS memungkinkan pengguna lebih mudah melakukan transfer dari cryptocurrency lain ke USDT daripada melakukan konversi ke mata uang normal.

Dengan nilai token sebesar $1, grafik kapitalisasi Tether terus meningkat selama tahun 2021. Sejak Januari 2021, nilai Tether berhasil naik dari $4,03 milyar menjadi $29,14 milyar.

5. Chainlink

Chainlink merupakan cryptocurrency dengan jaringan oracle terdesentralisasi yang menyediakan input, output, dan komputasi off-chain yang tidak mudah rusak. Hal ini berfungsi untuk mendukung kontrak pintar tingkat lanjut pada blockchain apapun.

Setelah peluncurannya pada tahun 2017, pertumbuhan Chainlink tahun ini tercatat menjadi yang terbaik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sejak bulan Januari 2021, nilainya mengalami kenaikan dari $11,87 menjadi $26,39. Kapitalisasi pasarnya pun meningkat dari $4,74 milyar menjadi $11,93 milyar.


Nah, bisa kamu lihat sendiri. Ada alasannya kenapa daftar di atas menjadi cryptocurrency terbaik 2021. Kalau kamu sudah berinvestasi, tentu layak kamu pantau. Kalau belum, kamu boleh coba mulai. Namun, sekali lagi, riset secara mendalam terlebih dulu.

Kalau kamu tertarik untuk mulai berinvestasi pada cryptocurrency, kamu bisa download dan pakai Pintu, aplikasi crypto Indonesia. Aplikasi ini menyediakan beragam jenis aset crypto dan sudah terdaftar di Bappebti, sehingga aman.

Serunya lagi, investasi crypto di Pintu bisa kamu mulai hanya dari Rp11.000 saja. Bagaimana? Menarik kan?

%d blogger menyukai ini: