Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

4 Fitur Unggulan iPad Pro Baru “Si Tablet Sultan 2022”

ipad pro baru
Sumber: Apple
Indri Penulis

iPad Pro Baru resmi sajikan berbagai fitur unggulan menarik. Mari kita lihat apa saja fitur unggulan dari tablet sultan yang satu ini.

Apple resmi mendebutkan tablet premium terbarunya, iPad Pro 2022. Sebagai penggemar setia Apple, kamu tentu penasaran dong dengan apa saja fitur yang dimiliki iPad Pro baru.

Dijuluki sebagai tablet sultan 2022, iPad Pro baru tidak hanya menghadirkan desain premium. Namun teknologi dan fitur yang ia sajikan juga ‘nggak kaleng-kaleng.’

Nah seperti apa fitur unggulan yang disajikan iPad Pro baru? Mari langsung sama kita simak bersama dalam ulasan berikut ini.

ipad pro baru
Sumber: Apple

Fitur Unggulan iPad Pro Baru “Si Tablet Sultan”

Ditenagai Chip M2 untuk Kinerja yang Lebih Gahar

Sebelumnya, iPad Pro 2021 disebut-sebut sebagai tablet terkuat di dunia. Kini penerusnya, iPad Pro 2022 sepertinya siap menggantikan singgasana iPad Pro 2021.

ipad pro baru
Sumber: Apple

Sesuai prediksi sebelumnya, iPad Pro generasi terbaru resmi debut dengan chip Apple M2. Sebagai penerus M1, M2 menghadirkan kinerja lebih tinggi dan kemampuan trobosan ke iPad Pro 2022.

Chipset M2 diklaim 15% lebih cepat dari M1, dan kinerja grafis 35% lebih cepat dari M1. Dengan Neural Engine 16-core, M2 juga bisa memproses 15,8 triliun operasi per detik (40% lebih banyak dari M1).

Sumber: Apple

M2 menyajikan multitasking dan performa yang lebih lancar. Ini karena M2 dibekali bandwidth memori terpadu 100GB/dtk, dan mendukung memori terpadu cepat hingga 16GB.

Tidak hanya itu, performa trobosan M2 juga meningkatkan performa aplikasi Pro yang ada di iPad. Termasuk DaVinchi Resolve, Adobe Photoshop, Affinity Publisher 2 iPad, Octane X, uMake, dll.

Dukungan Apple Pencil Generasi Ke-2 yang Lebih Canggih

iPad Pro rasanya jelas bakal hambar kalau tanpa dukungan Apple Pencil. Nah iPad Pro 2022 kali ini hadir pula dengan dukungan Apple Pencil generasi ke-2. Apa fitur terbaru Apple Pencil 2?

via GIPHY

Baca Juga:  Alasan Kenapa Kamu Perlu Beli Laptop MacBook

Apple Pencil 2 kini bisa terdeteksi sampai 12mm di atas layar. Kemampuan ini cocok buat bikin sketsa dan ilustrasi dengan presisi yang lebih tinggi.

Apalagi kalau dipadukan dengan fitur Scribble. Bidang teks secara otomatis bisa meluas ketika Apple Pencil mendekati layar. Fitur ini juga berlaku untuk aplikasi pihak ketiga.

Fitur Kelas Profesional dari iPadOS 16

Akhirnya yang ditunggu-tunggu datang juga. iPadOS 16 resmi debut di tablet iPad Pro 2022. Selain menyajikan tampilan yang lebih fresh, iPadOS 16 juga hadir dengan berbagai fitur produktivitas canggih.

Stage Manager – Sumber: Apple

Fitur pertama adalah Stage Manager. Fitur multitasking ini otomatis mengatur aplikasi dan jendela, membuatnya cepat untuk pindah tugas. Fyi, akhir tahun ini Stage Manager akan punya dukungan resolusi 6K lho.

Reference Mode – Sumber: Apple

Fitur kedua adalah Reference Mode, memungkinkan iPad Pro 12,9 inci menampilkan warna akurat dan kualitas gambar konsisten. Fitur ini jelas akan sangat membantu para fotografer dan videografer.

ipad pro baru
Desktop Class App – Sumber: Apple

Terakhir, iPadOS 16 juga menghadirkan dukungan Desktop Class App. Dukungan ini mencakup elemen dan interaksi baru di aplikasi, fitur undo dan redo, toolbar yang bisa dikustom, dll.

Konektivitaas Nirkabel Kelas Sultan

iPad Pro terbaru mendukung koneksi WiFi 6E tercepat. WiFi 6E mendukung unduhan hingga 2,4GB/s, 2x lebih cepat dari generasi sebelumnya.

ipad pro baru
Sumber: Apple

Selain itu iPad Pro juga hadirkan model WiFi + Mobile dengan 5G (sub-6GHz dan mmWave). Dengan dukungan ini pengguna bisa mengakses file, berkomunikasi, mencadangkan data, dll, dalam sekejap mata.

Berapa Harga iPad Pro Baru?

iPad Pro 11 inci dan 12,9 inci tersedia dalam warna perak dan abu-abu. Untuk konfigurasinya sendiri adalah 128GB, 256GB, 1TB dan 2TB.

iPad Pro terbaru sudah bisa dipesan lewat situs apple.com/store. Calon pembeli juga bisa memesannya lewat aplikasi Apple Store. iPad Pro 2022 baru tersedia di toko offline mulai 26 Oktober 2022.

Seperti inilah rincian harga iPad Pro 2022, lengkap dengan aksesori pendamping (dibeli secara terpisah):

  • iPad Pro 11 inci model WiFi dibanderol $799 atau sekitar Rp 12,4 juta.
  • iPad Pro 11 inci model WiFi + Mobile dibanderol $999 atau sekitar Rp 15,5 juta.
  • iPad Pro 12,9 inci model WiFi dibanderol $1.099 atau sekitar Rp 17 juta.
  • iPad Pro 12,9 inci model WiFi + Mobile dibanderol $1.299 atau sekitar Rp 20,2 juta.
  • Apple Pencil Gen-2 dibanderol $129 atau sekitar Rp 2 juta.
  • Magic Keyboard untuk iPad Pro 11 inci (warna hitam dan putih) dibanderol $299, atau sekitar Rp 4,6 juta.
  • Magic Keyboard untuk iPad Pro 12,9 inci dibanderol $349 atau sekitar Rp 5,4 juta.
  • Smart Keyboard Folio untuk iPad Pro 11 dibanderol $79 atau sekitar Rp 1,2 juta.
  • Smart Keyboard Folio untuk iPad Pro 12 dibanderol $99 atau sekitar Rp 1,5 juta.
Baca Juga:  Berbagai Hardware Yang Pernah Apple Rilis di Acara WWDC

Oya, yang saya sebutkan di atas adalah harga perangkat di AS ya. Jadi mungkin saat iPad Pro 2022 dan aksesorinya tiba di Indonesia, akan ada sedikit perbedaan harga.

Kesimpulan

Jika kamu bertanya, apa iPad Pro baru layak dibeli? Menurut saya sangat layak, apalagi kalau kamu seorang fotografer, videografer, atau desainer. Fitur-fitur di atas akan bisa menunjang pekerjaanmu.

Selain itu tablet ini juga cocok untuk kalangan pebisnis atau kebutuhan belajar mengajar. Apalagi kalau dipadukan dengan Apple Pencil 2, pekerjaan atau aktivitas lainnya bisa lebih mudah.

Kalau kamu ada masukan, kritik atau saran terkait artikel ini, kamu bisa sampaikan ke email [email protected] Atau kamu juga bisa meninggalkan pesan cinta di kolom komentar. ^_^


Oya, jangan lupa baca juga artikel seru seputar teknologi lainnya di Urbandigital. Seperti artikel seputar tutorial, media sosial, game, dll dari Indri. Jangan sungkan juga untuk meninggalkan komentar di artikel saya atau teman-teman yang lain.


Sumber:

  • Fitur Unggulan iPad Pro Baru – https://www.apple.com/newsroom/2022/10/apple-introduces-next-generation-ipad-pro-supercharged-by-the-m2-chip/